Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Dr. Amitya Kumara, Psikolog
dc.contributor.authorHelly Agustina
dc.date.accessioned2021-11-30T07:44:48Z
dc.date.available2021-11-30T07:44:48Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34803
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk menguji dukungan perilaku positif yang diterapkan oleh guru untuk mengurangi perilaku mengabaikan tugas pada siswa. Karena banyaknya permasalahan yang ditemui oleh guru saat mengajar dan guru belum menemukan upaya yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru yang menerapkan dukungan perilaku positif dan dua orang siswa yang berperilaku mengabaikan tugas yang diidentifikasi menggunakan ceklist perilaku. Partisipan siswa saat ini sedang duduk di kelas dua SMA Negeri 3 Banjarmasin. Pada penelitian ini desain yang digunakan adalah single subject dengan rancangan O1O2O3O4O5 􀃆 X 􀃆 O6O7O8O9. Alasan menggunakan desain ini adalah dapat mengukur target perilaku yang bisa dilakukan secara berulangulang dengan periode waktu tertentu. Instrumen dalam mengambil data pada penelitian ini berasal dari ceklist perilaku dukungan perilaku positif dan perilaku mengabaikan tugas. Hasil analisis data menggunakan analisis visual dan analisis kualitatif. Dari dua analisis yang dilakukan terindikasi bahwa ada perubahan perilaku mengabaikan tugas setelah guru menerapkan dukungan perilaku positif dengan menurunnya frekuensi perilaku. Intervensi yang diberikan kepada guru berupa pelatihan dukungan perilaku positif. Guru dilatih oleh psikolog selama dua hari agar menerapkan dukungan perilaku positif secara tepat sehingga dua orang siswa yang berperilaku mengabaikan tugas dapat turun frekuensi dan durasi perilakunya. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dengan guru menerapkan dukungan perilaku positif perilaku mengabaikan tugas pada siswa menjadi berkurang, selain itu menyebabkan motivasi siswa dalam belajar menjadi meningkat untuk mencapai hasil akademik yang memuaskan. Kata kunci : dukungan perilaku positif yang diterapkan oleh guru, single subject design, perilaku mengabaikan tugas siswaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectdukungan perilaku positif yang diterapkan oleh guruen_US
dc.subjectsingle subject designen_US
dc.subjectperilaku mengabaikan tugas siswaen_US
dc.titleDukungan Perilaku Positif Oleh Guru Untuk Mengurangi Perilaku Mengabaikan Tugas Pada Siswa SMA Negeri 3 Banjarmasinen_US
dc.Identifier.NIM08915024


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record