• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Industrial Technology
    • Industrial Engineering
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Industrial Technology
    • Industrial Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penilaian Pengguna Listrik Prabayar Terhadap Kualitas Layanan Listrik Prabayar Dengan Pendekatan Fuzzy-Servqual Dan Model Kano (Studi kasus di PLN UPJ Yogya Utara, Yogyakarta)

    Thumbnail
    View/Open
    07522105 Dhanlyus Abdullah.pdf (7.494Mb)
    Date
    2011
    Author
    Dhanlyus Abdullah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Upaya PLN dalam menkampanyekan hidup hemat listrik tidak pernah berhenti, mulai dari iklan – iklan pada media televisi, media cetak dan jargon – jargon pada baliho – baliho di jalan. Saat ini PLN mempunyai solusi untuk para pengguna listrik berhemat menggunakan listrik, yaitu dengan mengganti kWh meter pascabayar menjadi kWh meter prabayar. PLN UPJ Yogya Utara termasuk yang mendukung pelayanan baru tesebut, karena merasa masyarakat Yogyakarta banyak yang tertarik dengan hal tersebut dan terbukti hanya waktu enam bulan 10.000 lebih masyarakat Yogyakarta berpindah dari pascabayar menjadi prabayar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan listrik prabayar yang selama ini PLN UPJ Yogya Utara kepada pengguna listrik prabayar, mengetahui dimensi dan atribut yang diprioritaskan untuk ditingkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian yang dilakukan mengkombinasikan metode Fuzzy-Servqual dan metode Kano untuk memberikan rekomendasi prioritas peningkatan kualitas layanan pada PLN UPJ Yogya Utara. Hasil dari Defuzzyfikasi pada metode Fuzzy digunakan untuk mencari kesenjangan (gap) pada setiap atribut. Kemudian, atribut – atribut tersebut dibuat kategori dengan menggunakan metode Kano, selanjutnya diurutkan berdasarkan nilai kesenjangan (gap). Hasil dari penelitian ini didapat lima atribut yang diprioritaskan untuk ditingkatkan kualitas layanannya, yaitu PLN menanggapi setiap pengaduan dengan cepat dan tepat, kWh meter LPB memberikan sinyal ketika nilai kredit kWh dibawah 20 kWh, Listrik langsung menyala setelah memasukkan no token, kWh meter LPB memberikan sinyal peringatan yang mudah diketahui oleh pengguna listrik, dan Pengguna listrik prabayar tidak lagi mengalami pemadaman bergilir. Kemudian, dimensi kualitas yang menjadi prioritas adalah Responsiveness. Kata kunci : Fuzzy – Servqual, Metode Kano, Kualitas layanan
    URI
    https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34785
    Collections
    • Industrial Engineering [1739]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV