Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. H. Hudaya, MM.
dc.contributor.authorPuji Rahayu
dc.date.accessioned2021-11-29T03:29:53Z
dc.date.available2021-11-29T03:29:53Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34741
dc.description.abstractKesadaran kesehatan masyarakat yang semakin tinggi berpengaruh terhadap pertumbuhan jumlah industri pelayanan kesehatan, hal tersebut memberikan banyak pilihan bagi masyarakat dalam memilih tempat pengobatan, maka kualitas pelayanan yang baik pada sebuah tempat fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat sangat penting untuk memberikan kepuasan dan menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam memilih tempat pengobatan. Penelitian ini akan mengkaji kualitas pelayanan yang ada di rumah sakit Panti Nugroho unit kesehatan ibu dan anak. Metode yang digunakan adalah SWOT dan IPA. SWOT memberikan gambaran kekuatan internal dan eksternal serta usulan aktivitas perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan, IPA menggambarkan penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan dan memberikan prioritas perbaikan yang diperlukan. Dari hasil analisa dan perhitungan didapat bahwa aktivitas yang dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas pelayanan meliputi: perencanaan program pengenalan unit kesehatan ibu dan anak, memberikan penyuluhan kesehatan ke rumah masyarakat, melakukan event balai pengobatan geratis di perkantoran pemerintahan kelurahan/desa sekitar, merekrut tenaga pemasaran untuk meningkatkan promosi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menambah fasilitas yang dirasa perlu, Memberikan potongan harga bagi ekonomi menengah kebawah, menarik dokter yang telah memiliki nama baik untuk menarik konsumen, membuat program penelitian bersama mengenai kesehatan ibu dan anak kemasyarakat dan penyelenggaraan penyuluhan kesehatan terpadu sebagai penarik simpati masyarakat. Prioritas perbaikan pelayanan yaitu pengadaan prasarana dan pelayanan parkir, ketepatan jadwal pelayanan, kejujuran dan keterbukaan karyawan saat proses pelayanan, ketangkasan dan kecekatan karyawan dalam melakukan pelayanan, kecepatan waktu pelayanan, adanya peralatan pendukung kecepatan pelayanan seperti no antrian digital dll, adanya informasi biaya pengobatan, adanya informasi kondisi pasien kepada keluarga selama proses pelayanan, Adanya fasilitas mushola, kantin, toilet dll, memiliki sistem pencatatan yang teratur dan komputerisasi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, SWOT, IPAen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.subjectIPAen_US
dc.titlePeningkatan Performance Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Pendekatan SWOT Dan Importance Performance Analysis (Studi kasus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak Rumah Sakit Panti Nugroho)en_US
dc.Identifier.NIM04522184


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record