Hubungan Sosiodemografi, Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Siswa Dalam Pencegahan Covid-19 Berdasarkan Nilai Islami Di Sman 2 Kudus
Abstract
Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit infeksi yang
disebabkan oleh SARS-CoV-2 yang penyebarannya sangat cepat dan luas. Islam
sangat berpengaruh besar terhadap pengendalian pencegahan COVID-19.
Pencegahan COVID-19 pada murid sekolah menengah atas sebaiknya dilakukan
seefektif mungkin. Siswa harus memiliki pengetahuan yang baik tentang COVID19
berdasarkan nilai islami sebagai upaya pencegahan COVID-19 agar tidak
terinfeksi penyakit ini. Pengetahuan murid sekolah akan berpengaruh positif
terhadap sikap dan perilaku menjaga kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan sosiodemografi, tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku
siswa dalam pencegahan COVID-19 berdasarkan nilai islami. Penelitian ini
menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional dengan
teknik pengambilan sampel dengan simpel rendom sampling dengan sempel
penelitian sejumlah 80 orang. Dalam rancangan ini, peneliti memberikan kuesioner
kemudian data dikumpulkan dan diolah menggunakan SPSS Chi-square. Tempat
penelitian berlokasi di SMAN 2 Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat hubungan faktor sosiodemografi (usia) antara tingkat pengetahuan, sikap,
dan perilaku dalam pencegahan COVID-19 berdasarkan nilai islami dengan nilai
p< 0,05. Sedangkan hubungan faktor sesiodemografi (jenis kelamin) antara tingkat
pengetahuan, sikap, dan perilaku dalam pencegahan COVID-19 berdasarkan nilai
islami tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan p> 0,05. Semakin dewasa
seseorang maka tingkat pengetahuan, sikap, perilaku akan semakin baik.
Collections
- Pharmacy [1444]