Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Dwi Pudjaningsih, MMR., Apt.
dc.contributor.advisorOkti Ratna Mafruhah, M.Sc., Apt.
dc.contributor.authorAisyah Aprianti
dc.date.accessioned2021-11-25T00:55:41Z
dc.date.available2021-11-25T00:55:41Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34651
dc.description.abstractPergeseran orientasi peranan farmasi saat ini telah berubah menjadi Pharmaceutical Care, tidak terbatas hanya pada penyiapan dan penyerahan obat, tetapi perlu melakukan pemberian informasi obat. Pemberian informasi obat yang merupakan bagian dari Pharmaceutical Care dapat mempengaruhi penatalaksanaan terapi dan hasil terapi. Tetapi seberapa besar peranan ini dikembangkan di apotek sangat beragam sehingga mempengaruhi kepuasan konsumen. Oleh karena itu, apoteker harus memasuki informasi massa secara cepat untuk memuaskan kebutuhan informasi obat dan peningkatan mutu pelayanan kepada pasien. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pemberian informasi obat oleh apoteker pada saat penyerahan obat di apotek wilayah Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei menggunakan kuisioner. Penyebaran kuisioner dilakukan pada 100 konsumen dengan purposive sampling. Kuisioner digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan yang di ukur berdasarkan lima dimensi SERVQUAL yaitu tangibles, responsiveness, reliability, assurance dan empathy. Analisis data yang dilakukan yaitu uji deskriptif, indeks kepuasan konsumen dan uji GAP. Berdasar hasil penelitian, dilihat dari nilai indeks kepuasan dengan rata-rata 0,95 atau 95% maka dapat dikatakan persepsi mendekati harapan, walaupun secara keseluruhan konsumen belum dikatakan puas dilihat dari nilai GAP total pada semua dimensi yang berada pada X<(-0,01), yaitu tangibles (-0,20), reliability (-0,18), responsiveness (-0,16), assurance (-0,08), empathy (-0,10). GAP terbesar terdapat pada dimensi tangibles dan reliability, sehingga perlu perbaikan terlebih dahulu. Kata kunci : Pemberian Informasi Obat, Kepuasan, Apoteker, Apotek Kota Yogyakartaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemberian Informasi Obaten_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.subjectApotekeren_US
dc.subjectApotek Kota Yogyakartaen_US
dc.titleEvaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pemberian Informasi Obat Oleh Apoteker Di Apotek Wilayah Kota Yogyakarta Periode Desember 2011 – Januari 2012en_US
dc.Identifier.NIM05613179


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record