Visualisasi 3D Company Profile Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia Berbasis Augmented Reality
Abstract
AR (Augmented Reality) merupakan usaha untuk menggabungkan dunia
nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui komputer sehingga batas antara
keduanya menjadi sangat tipis. Augmented Reality atau yang biasa disebut
dengan AR bukan merupakan teknologi baru. Teknologi ini telah ada selama
hampir 40 tahun, setelah diperkenalkan aplikasi Virtual Reality (VR) untuk
pertama kalinya. Pada saat itu, penelitian-penelitian teknologi yang dilakukan
ditujukan untuk aspek hardware. Head-Mounted Display (HMD) merupakan
contoh hasil dari penelitian tentang Augmented Reality pada saat itu, ini
merupakan satu-satunya peralatan dasar dalam teknologi terbaru. Seiring
berjalannya waktu, Augmented Reality berkembang sangat pesat sehingga
memungkinkan pengembangan aplikasi ini di berbagai bidang.
Banyak literatur-literatur yang menunjukkan kemungkinan penggunaan
AR (Augmented Reality) kedalam sebuah company profile sebagai media
informasi,dan promosi. Berikut contoh penerapan teknologi Augmented Reality
promosi sepeda polygon pada koran kompas, dan teh celup sosro yang disertakan
pada kemasannya.
Tujuan dari pembutan tugas akhir ini adalah merancang serta
membangun Visualisasi 3D Company Profile Jurusan Teknik Informatika
Universitas Islam Indonesia berbasis Augmented reality, yang diharapkan dengan
menggunakan media leaflat (brosur) berdasarkan marker yang telah ditentukan,
dan diidentifaksi menggunakan kamera webcam untuk menampilkan visualisasi
objek 3D melalui layar monitor menggunakan ARToolkit, sebagai media
informasi dan promosi Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia.
Kata kunci : Augmented Reality, leaflat (brosur), marker, ARToolkit.
Collections
- Informatics Engineering [2148]