Game-Based Learning (GBL)
Abstract
Saat ini dunia game sangat maju, game dapat digunakan di segala bidang
selain digunakan untuk hiburan game juga dapat digunakan sebagai alat batu
dalam dunia pendidikan bahkan dapat membantu penyembehun penyakit. Dengan
adanya alat bantu tersebut cara ajar yang konfesional dapat digantikan dengan
game, karena game merupakan alat ajar yang sangat efektif dan efisien. Sebuah
game memiliki beberapa eleman yang digabungkan seperti audio, video, dan
simulasi disinilah letak dimana seorang pemain dapat lebih gampang dalam
menangkap materi serta sangat menarik dalam menggunakan. Dalam
penggunaanya pemilihan game yang sesuai dengan umur dan konten akan
berdampak positif terhadap pemainya, lain lagi jika permainan game yang tidak
sesuai umur dan konten akan membawa dampak buruk bagi pemain, dalam
pemilihan game peran orang tua sangat penting dibutuhkan, agar anak
mendapatkan game yang sesuai dengan anak,
Game-Based Learning (GBL) merupakan salah satu game yang memiliki
manfaat tidak hanya sekedar hiburan semata. Game-Based Learning (GBL) juga
memiliki manfaat lain yaitu sebagai alat belajar dimana pemain selain
mendapatkan hiburan juga mendapatkan ilmu. Game-Based Learning (GBL)
dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti sekolahan, institusi perkantoran,
medis, bahkan dalam organisasi keamanan Negara (Polisi, tentara).
Dalam pembuatan game dibutuhkan suatu tim yang kompak agar tercipta
game sesuai dengan keinginan. Pemilihan tool dalam pembuatan game sangat
penting, memilih tool yang sesuai kemampuan adalah sebuh pilihan yang bijak,
demikian juga dengan pemilihan game engine.
.Kata Kunci : Game, Game-Based Learning (GBL), Edugame
Collections
- Informatics Engineering [2148]