Diplomasi Perdagangan Luar Negeri Pemerintah Indonesia Dalam Memajukan Ekspor Perhiasan Ke Swiss Periode 2014-2019
Abstract
Ekspor sebagai salah satu bentuk perdagangan internasional semakin sering
dilakukan oleh negara-negara di tengah perekonomian dunia yang semakin terkait
satu sama lain. Adanya kemajuan teknologi dan kreativitas manusia di era ekonomi
baru membuat munculnya ekonomi kreatif sebagai kegiatan yang mengutamakan
kreativitas manusia dan budaya serta warisannya yang dapat menunjang masa
depan. Indonesia memiliki ekonomi kreatif yang terbagi dalam 16 sektor, salah
satunya sektor fashion yang merupakan sektor yang memiliki tingkat ekspor
tertinggi dalam industri kreatif Indonesia. Perhiasan sebagai komoditi yang
tercakup dalam sektor fashion yang juga turut berkontribusi melalui ekspornya.
Perhiasan menjadi satu dari sepuluh komoditi utama Indonesia untuk diekspor.
Salah satu negara tujuan ekspor perhiasan Indonesia yaitu Swiss. Perhiasan sendiri
memang menjadi komoditi utama ekspor ke Swiss yang mana dapat mencapai nilai
2 Miliar USD. Perhiasan Indonesia yang kebanyakan dibuat dengan tangan oleh
para pengrajin IKM perhiasan menjadikan kelebihan dari perhiasan Indonesia itu
sendiri. Ekspor perhiasan Indonesia ke Swiss ini dilandasi oleh Indonesia-EFTA
Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA). Selain itu,
pemerintah Indonesia dan IKM perhiasan juga saling bekerja sama untuk
meningkatkan ekspor perhiasan Indonesia tersebut.
Collections
- International Relations [502]