Show simple item record

dc.contributor.advisorIrwan Nuryana Kurniawan, S.Psi., M.Si
dc.contributor.authorSAVIRA NABILA
dc.date.accessioned2021-11-09T02:26:43Z
dc.date.available2021-11-09T02:26:43Z
dc.date.issued2021-07-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34145
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara dukungan teman sebaya dan stres akademik pada siswa SMA di Jepara pada masa pembelajaran daring pandemik COVID-19. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah akan terdapat hubungan negatif antara dukungan teman sebaya dan stres akademik siswa SMA pada masa pembelajaran daring pandemik COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional dengan melibatkan dukungan teman sebaya sebagai variabel independen dan stres akademik sebagai variabel dependen. Untuk menguji hipotesis penelitian, peneliti melakukan pengambilan data pada 208 siswa SMA dengan menggunakan skala dukungan teman sebaya dari Alaei dan Hosseinnezhad (2020) yaitu Peer Support Questionnaire (PSQ) dan skala stres akademik dari Sun, Dunne, Hou, dan Xu (2011) yaitu Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis statistik Spearman rho dan hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan negatif antara dukungan teman sebaya dan stres akademik. Peneliti menemukan bahwa hipotesis hanya diterima pada partisipan berusia < 17 pada analisis tambahan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStres Akademiken_US
dc.subjectDukungan Teman Sebayaen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectPandemik COVID-19en_US
dc.titlePeran Dukungan Teman Sebaya Terhadap Stres Akademik Siswa Sma Pada Masa Pembelajaran Daring Pandemik Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM17320185


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record