dc.contributor.advisor | Irwan Nuryana Kurniawan, S.Psi., M.Si | |
dc.contributor.author | SAVIRA NABILA | |
dc.date.accessioned | 2021-11-09T02:26:43Z | |
dc.date.available | 2021-11-09T02:26:43Z | |
dc.date.issued | 2021-07-15 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34145 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara
dukungan teman sebaya dan stres akademik pada siswa SMA di Jepara pada masa
pembelajaran daring pandemik COVID-19. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah akan terdapat hubungan negatif antara dukungan teman
sebaya dan stres akademik siswa SMA pada masa pembelajaran daring pandemik
COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian korelasional dengan melibatkan dukungan teman sebaya sebagai
variabel independen dan stres akademik sebagai variabel dependen. Untuk
menguji hipotesis penelitian, peneliti melakukan pengambilan data pada 208
siswa SMA dengan menggunakan skala dukungan teman sebaya dari Alaei dan
Hosseinnezhad (2020) yaitu Peer Support Questionnaire (PSQ) dan skala stres
akademik dari Sun, Dunne, Hou, dan Xu (2011) yaitu Educational Stress Scale
for Adolescents (ESSA). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis
statistik Spearman rho dan hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa
tidak terdapat hubungan negatif antara dukungan teman sebaya dan stres
akademik. Peneliti menemukan bahwa hipotesis hanya diterima pada partisipan
berusia < 17 pada analisis tambahan. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Stres Akademik | en_US |
dc.subject | Dukungan Teman Sebaya | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Daring | en_US |
dc.subject | Pandemik COVID-19 | en_US |
dc.title | Peran Dukungan Teman Sebaya Terhadap Stres Akademik Siswa Sma Pada Masa Pembelajaran Daring Pandemik Covid-19 | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17320185 | |