Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. R. Abdul Djalal, MM.
dc.contributor.authorDhenik Rahmawati
dc.date.accessioned2021-11-08T05:24:15Z
dc.date.available2021-11-08T05:24:15Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34106
dc.description.abstractMenentukan keinginan dan kebutuhan pelanggan merupakan suatu permasalahan yang sangat penting.Warung internet (warnet) merupakan tempat pelayanan internet umum komersil yang menyediakan jasa untuk akses internet. Oleh karena itu para pengusaha warnet berusaha memberikan pelayanan terbaik mereka. Ketidaknyamanan warnet dapat mengganggu konsentrasi dan privacy pengguna pada saat menggunakan jasa layanan warnet. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap keinginan pelanggan akan warnet dan penentuan faktor dan desain warnet yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Pada masalah ini peneliti menggunakan metode kansei engineering. Penelitian dilakukan diwarnet Horizon. Dimana dari kata-kata kansei (perasaan) dari pelanggan diidentifikasi ke beberapa faktor yang kemudian dianalisis dengan menggunakan anlisis factor, ada delapan faktor yang terbentuk dalam penelitian ini faktor pertama (kursi dan meja), kedua (kebisingan dan gangguan) ,ketiga (pencahayaan),keempat (kenyamanan) sedangkan faktor yang kelima (kerapian) yang keenam (suhu) ketujuh (tata letak) dan yang kedelapan adalah keindahan yang kemudian dijadiakn pertimbangan untuk menentukan kriteria desain dari suatu warnet dalam aspek antropometri. Kesimpulan yang diharapkan dari penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor yang menentukan perubahan pada suatu warnet dan menentukan kriteria desain sesuai dengan kansei (perasaan) dari pelanggan. Kata kunci : Ergonomi, Kansei Engineering, Analisis Faktor, Antrophometri, stasiun kerja (workstation).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectErgonomien_US
dc.subjectKansei Engineeringen_US
dc.subjectAnalisis Faktoren_US
dc.subjectAntrophometrien_US
dc.subjectstasiun kerja (workstation)en_US
dc.titleImplementasi Metode Kansei Engineering Dalam Perancangan Billing Ruang Pengguna Warnet Dengan Menggunakan Analisis Faktor ( Studi Kasus Warnet Horizon )en_US
dc.Identifier.NIM03522195


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record