dc.contributor.author | Nugroho, Anggun | |
dc.contributor.author | Santoso, Joko | |
dc.contributor.author | Karang Utama, I Wayan | |
dc.date.accessioned | 2021-11-02T07:28:40Z | |
dc.date.available | 2021-11-02T07:28:40Z | |
dc.date.issued | 2021-10-13 | |
dc.identifier.isbn | 978-623-6572-45-0 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33940 | |
dc.description.abstract | Dalam proses pembelajaran di tingkat perguruan tinggi, seorang dosen harus
menyampaikan banyak konsep perkuliahan dengan karakteristik yang berbeda dalam
waktu yang terbatas. Seringkali dosen hanya bisa menyelesaikan penyampaian materi
perkuliahan tetapi belum memberikan kesempatan lebih kepada mahasiswa untuk
mempraktekkan dan membuktikan pemahaman materi perkuliahan. Ini terjadi terutama
pada materi yang membutuhkan cukup pemahaman serta banyak latihan. Dari studi
awal ditemukan permasalahan bahwa prestasi belajar mahasiswa turun pada penerapan
pembelajaran daring penuh selama masa pandemi ini. Apabila hal ini berlangsung
secara terus-menerus, akan dapat mempengaruhi prestasi mahasiswa nantinya. Untuk
itu diperlukan kepedulian dan kreativitasdosen untuk meningkatkan prestasi belajar
mahasiswa. Pada penelitian ini ingin diketahui pengaruh dan hubungan antara
penggunaan interactive multimedia based learning terhadap prestasi belajar dan
kompetensi belajar mandiri mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di ITB STIKOM Bali
yang terdiri dari beberapa kelas eksperimental dan kelas kontrol. Pada kelas
eksperimen diberlakukan penerapan interactive multimedia based learning, sedangkan
pada kelas kontrol tidak. | en_US |
dc.subject | multimedia pembelajaran interaktif, prestasi belajar, kompetensi belajar mandiri | en_US |
dc.title | PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MANDIRI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ITB STIKOM BALI DI MASA PANDEMI CoViD-19 | en_US |
dc.type | Book | en_US |