Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Anas Hidayat, MBA., Ph.D
dc.contributor.advisorDrs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc
dc.contributor.authorNoor Wikas Saputro
dc.date.accessioned2021-11-01T02:51:42Z
dc.date.available2021-11-01T02:51:42Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33878
dc.description.abstractPerkembangan bisnis BPR cukup signifikan, artinya bahwa bisnis ini tengah tumbuh dalam industri perbankan Indonesia. BPR dianggap mampu menjadi sumbu perekonomian nasional. Dengan melihat perkembangan jumlah usaha di Kabupaten Sleman yang cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, maka diharapkan peran PT BPR Danagung Bakti Yogyakarta lebih meningkatkan perkembangan UMKM Kecamatan Ngaglik dan Sleman Kota di Kabupaten Sleman. Peranan PT BPR Danagung Bakti Yogyakarta memang diarasakan memiliki nilai strategis karena selama ini memang PT BPR Danagung Bakti Yogyakarta memiliki kedekatan dengan Usaha Kecil dan Menengah yang selama ini dijalankan. Sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan mengenai strategi PT BPR Danagung Bakti Yogyakarta dalam meningkatkan peran BPR dalam pembiayaan UMKM di Kecamatan Ngaglik dan Sleman Kota. Maka penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Analisis lingkungan secara internal, PT BPR Danagung Bakti Yogyakarta memiliki sumberdaya manusia yang dapat dikembangkan, namun ditemukan beberapa kelemahan sebagai berikut: (1) Kegiatan operasional yang belum didukung oleh teknologi dan sistem yang memadai (2) Perlunya optimalisasi penyaluran kredit (3) Fungsi pengawasan dan pengendalian yang belum maksimal. Sedangkan lingkungan eksternal, secara umum menunjukkan bahwa kondisi perekonomian, politik, dan pemerintahan Indonesia saat ini mulai membaik. Kondisi ini memunculkan berbagi peluang yang harus dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan dalam industri perbankan, Berdasarkan analisis SWOT maka PT BPR Danagung Bakti Yogyakarta menerapkan startegi yang bersifat agregesif. Sifat agresif merupakan sifat menarik pada lingkungan industri yang selalu mengalami perubahan, dengan demikian perusahaan mendapatkan nilai dari keunggulan finansialnya. Oleh karena itu, PT BPR Danagung Bakti Yogyakarta dalam implementasi strateginya diupayakan mendukungan strategi agresif, yaitu menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Kata Kunci: Bank Perkreditan Rakyat (BPR), SWOT, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBank Perkreditan Rakyat (BPR)en_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.subjectUsaha Mikroen_US
dc.subjectKecil dan Menengah (UMKM)en_US
dc.titleAnalisis SWOT Pertumbuhan Kredit UMKM Kecamatan Ngaglik Dan Sleman Kota Di Wilayah Kabupaten Sleman ( Studi Kasus pada PT BPR Danagung Bakti Yogyakarta )en_US
dc.Identifier.NIM09916087


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record