dc.description.abstract | Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya berbagai macam dampak dan respon yang muncul
terutama pada pelayanan kesehatan. Klinik Pratama Rawat Inap X merupakan pelayanan
kesehatan pertama yang bertugas di garda terdepan sehingga harus berhati-hati dalam
melakukan pelayanan. Adanya pandemi Covid-19 saat ini telah memunculkan adanya kendala
dalam proses operasional, sehingga fleksibilitas Klinik Pratama Rawat Inap X sangat
dibutuhkan dalam melakukan penyesuaian sistem kerja. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal karena studi ini hanya mengeksplorasi data
dari satu klinik pratama rawat inap. Subjek yang dipilih ditentukan berdasarkan tujuan dari
penelitian yaitu 3 perawat, 2 dokter, 1 bidan, 1 bagian administrasi, dan 1 pimpinan klinik.
Subjek yang telah dipilih adalah karyawan berhadapan langsung dengan pasien dan
diharapkan penelitian ini mendapat cara pandang yang komprehensif dalam menghadapi
berbagai penyesuaian pada saat pandemi Covid-19. Data yang diperoleh dianalisis melalui
analisis konten dan dilanjutkan dengan adanya perbandingan untuk menemukan tema dan
kategori tema dari narasi subjek. Temuan studi menunjukkan deskripsi penyesuaian yang
dilakukan Klinik Pratama Rawat Inap X dalam mencapai strategi bertahan di masa pandemi covid-19 di masa pandemi Covid-19 dalam tema-tema berikut: penyesuaian di awal Covid-19
masuk di Indonesia, dampak pandemi Covid-19, bentuk penyesuaian terhadap dampak
pandemi Covid-19, strategi bertahan di masa pandemi covid-19 yang terdiri dari strategi
utama dan pendukung, faktor-faktor yang berkontribusi pada efektivitas strategi, dan hasil
pelaksanaan strategi. | en_US |