dc.description.abstract | Kemajuan teknologi yang ada membuat semua keadaan berubah,
contohnya saja pasar. Seperti yang kita ketahui, sekrang banyak sekali
bermunculan berbagai macam pasar, dari pasar tradisional, pasar modern
(mall,ruko,supermarket,dll), sampai adanya pasar cyber. Semakin lama
pertumbuhan dari masing – masing pasar turun dan naik, misalnya saja
pertumbuhan pasar tradisional. Seperti yang kita tahu, pertumbuhsan pasar
tradisional bila dibandingkan dengan pertumbuhan pasar yang lainya
cenderung menurun. Masalah ini bisa diakibatkan oleh berbagai aspek aspek,
bisa dari pasar itu sendiri, pemerintah atau masyarakat.
Karena permasalahan tersebut, skripsi ini menganalisa apa yang terjadi
dalam pasar tradsionla khususnya pasar Degolan yang berada di utara UII
Yogyakarta. Penelitian ini menggali strategi apa yang mungkin dapat
dilakukan untuk meninggakatkan pasar tradisional, dengan cara analiasa
SWOT. Setelah strategi dapat dihasilkan, maka pembeli dan penjual yang
merupakan aspek utama pelaku pasar diminta untuk memilih startegi apa yang
mereka inginkan dengan cara AHP menggunakan software expert choice.
Dari pengolahan data tersebut maka strategi yang cocok dan dipilih
adalah strategi kerjasama dengan bobot oleh responden 1 sebesar 0.322 dan
oleh responden 2 sebesar 0.27. Dan strategi kerjasama ini dapat dilakukan
dengan pemerintah, supplier maupun konsumen itu sendiri. | en_US |