Show simple item record

dc.contributor.advisorAgus Mansur, ST., M.Eng.Sc.
dc.contributor.authorAry Nugroho S
dc.date.accessioned2021-10-28T00:20:05Z
dc.date.available2021-10-28T00:20:05Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33755
dc.description.abstractSalah satu proses di kendaraan bermotor yang berfungsi untuk pemindahan daya dari putaran poros engkol ke transmisi adalah kopling (clutch). Proses ini bertujuan untuk memisahkan dan menghubungkan mesin dengan transmisi, diproses lebih lanjut kopling akan membantu dalam proses pemindahan gigi. Ada berbagai jenis kopling, salah satunya adalah kopling yang digerakkan secara manual dengan kawat. kopling hidrolik adalah kopling yang bekerja dengan memanfaatkan tenaga hidrolik. Tenaga hidrolik didapat dengan menempatkan cairan/ minyak pada suatu wadah/ mekanisme yang diputar, sehingga cairan akan terlempar/ bersirkulasi oleh adanya gaya sentrifugal akibat putaran sehingga fluida mempunyai tenaga hidrolik. Fluida yang bertenaga inilah yang digunakan sebagai penerus/ pemindah tenaga. Dalam pengembangandipergunakan metode QFD lalu HOQ dan juga ANTHROPOMETRI. Dari hasil seluruh penelitian ini peneliti mendapatkan desain akhir dari kopling hidrolik yang memliki beberapa keunggulan daripada kopling konvensional (manual) yakni sudah mempergunakan hidrolik (cairan) sebagai penyalur daya dari tuas ke penggerak sehingga dapat menghilangkan jeda pada pengoprasiannya, mempermudah perawatan dan akhirnya dapat memperpanjang umur penggunaan sistem kopling. beberapa perubahan yang diinginkan konsumen pada kopling hidrolik, yaitu pada tuas penarik dilakukan perubahan pada teknik pelapisan yakni dilakukan pelapisan bahan tahan gesek dan dilakukan pemasangan baut penyetel jarak antara tuas dengan grip pegangan, pada grip dilakukan penetapan ukuran grip menjadi 3.7 inci, pada mekanisme pendorong dilakukan perubahan posisi mekanisme pendorong dengan merubah braket sehingga posisi dari mekanisme pendorong menjadi lebih tegak lurus terhadap tuas pendorong kopling. Dengan metode yang dipergunakan diketahui perbaikan perbaikan secara teknis yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kata Kunci : QFD, HOQ,ANTHROPOMETRI, Kopling Hidroliken_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectQFDen_US
dc.subjectHOQen_US
dc.subjectANTHROPOMETRIen_US
dc.subjectKopling Hidroliken_US
dc.titlePerbaikan Desain Dan Pembuatan Kopling Hidrolis Dengan Quality Function Deployment (QFD) Berdasarkan Keinginan Konsumen Pada Kendaraan Bermotor Roda Duaen_US
dc.Identifier.NIM05522203


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record