dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui kriteria dukungan orang tua peserta
didik pada pelajaran kimia; 2) Mengetahui kriteria minat belajar peserta didik
pada pelajaran kimia; 3) Mengetahui hubungan dukungan orang tua dan minat
belajar peserta didik dalam belajar kimia di masa pandemi Covid-19. Populasi
dalam penelitian ini adalah peserta didik dari tiga Sekolah Menengan Kejuruan
(SMK) yang ada di Pekalongan. Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas X
dari tiga sekolah yaitu SMKN 1 Sragi, SMKN 1 Kedungwuni dan SMK
Gondang. Kelas X dari SMKN 1 Kedungwuni terdapat 100 peserta didik, kelas
X dari SMKN 1 Sragi terdapat 227 peserta didik, dan kelas X dari SMK
Gondang terdapat 35 peserta didik. Pengambilan data pada penelitian ini
menggunakan non tes berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis korelasi non parametrik yaitu uji spearman. Uji spearman
ini diawali dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Dukungan orangtua
terhadap peserta didik di masa pandemi covid-19 pada dua Sekolah Menengah
Kejuruan di Pekalongan berada pada kategori baik, dan satu sekolah berada pada
kategori sangat baik; 2) Minat peserta didik dalam belajar kimia pada tiga
sekolah menengah kejuruan di Pekalongan berada pada kategori baik; 3) Ada
hubungan yang signifikan antara dukungan orangtua dengan minat belajar
peserta didik pada SMKN 1 Kedungwuni dimana nilai signifikansinya 0,000 dan
nilai koefisien korelasinya 0,684. Ada hubungan yang signifikan pula pada
SMKN 1 Sragi yang memperoleh nilai signifikansi 0,016 dan nilai koefisien
korelasinya 0,16. Ada hubungan yang signifikan pula antara dukungan orangtua
dengan minat belajar peserta didik SMK Gondang yang memperoleh nilai
signifikansi 0,001 dan nilai koefisien korelasinya 0,228. | en_US |