Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhaimin, S.Si., M.Sc.
dc.contributor.advisorKrisna Merdekawati, S.Pd., M.Pd.
dc.contributor.authorFASTAL FAHMA
dc.date.accessioned2021-10-26T07:26:12Z
dc.date.available2021-10-26T07:26:12Z
dc.date.issued2021-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33677
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui kriteria dukungan orang tua peserta didik pada pelajaran kimia; 2) Mengetahui kriteria minat belajar peserta didik pada pelajaran kimia; 3) Mengetahui hubungan dukungan orang tua dan minat belajar peserta didik dalam belajar kimia di masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik dari tiga Sekolah Menengan Kejuruan (SMK) yang ada di Pekalongan. Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas X dari tiga sekolah yaitu SMKN 1 Sragi, SMKN 1 Kedungwuni dan SMK Gondang. Kelas X dari SMKN 1 Kedungwuni terdapat 100 peserta didik, kelas X dari SMKN 1 Sragi terdapat 227 peserta didik, dan kelas X dari SMK Gondang terdapat 35 peserta didik. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan non tes berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi non parametrik yaitu uji spearman. Uji spearman ini diawali dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Dukungan orangtua terhadap peserta didik di masa pandemi covid-19 pada dua Sekolah Menengah Kejuruan di Pekalongan berada pada kategori baik, dan satu sekolah berada pada kategori sangat baik; 2) Minat peserta didik dalam belajar kimia pada tiga sekolah menengah kejuruan di Pekalongan berada pada kategori baik; 3) Ada hubungan yang signifikan antara dukungan orangtua dengan minat belajar peserta didik pada SMKN 1 Kedungwuni dimana nilai signifikansinya 0,000 dan nilai koefisien korelasinya 0,684. Ada hubungan yang signifikan pula pada SMKN 1 Sragi yang memperoleh nilai signifikansi 0,016 dan nilai koefisien korelasinya 0,16. Ada hubungan yang signifikan pula antara dukungan orangtua dengan minat belajar peserta didik SMK Gondang yang memperoleh nilai signifikansi 0,001 dan nilai koefisien korelasinya 0,228.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDukungan Orang Tuaen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titleHubungan Dukungan Orang Tua Dengan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Belajar Kimia Di Tiga Sekolah Smk Di Pekalongan Pada Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM17614001


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record