Show simple item record

dc.contributor.advisorSuci Miranda, S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorFADHILLAH ALVASHA REFDYATAMA
dc.date.accessioned2021-10-25T02:52:01Z
dc.date.available2021-10-25T02:52:01Z
dc.date.issued2021-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33522
dc.description.abstractPerkembangan industri bisnis di Indonesia yang pesat, berdampak pada semakin tingginya tuntutan terhadap kemampuan manajemen dalam menghadapi berbagai perubahan dan peningkatan dalam organisasi untuk bertahan di dalam persaingan industri bisnis. Salah satunya PT. Lintas Bintang Mulia Nusantara (Starcross) yang bergerak dibidang bisnis konfeksi fashion. Dimana perusahaan melibatkan beberapa stakeholder dalam menggerakkan proses bisnis yang ada. Oleh karenanya penting bagi perusahaan dalam mengindentifikasi stakeholder yang mereka punya guna mengetahui keterlibatan setiap stakeholder dan membuat membuat sistem pengukuran kinerja perusahaan. Pada penelitian ini, dilakukan identifikasi stakeholder yang ada pada perusahaan dengan menggunakan pendekatan Project Stakeholder Management, didapatkan stakeholder yang berpengaruh yaitu Owner, Karyawan, Vendor, Konsumen, dan Kompetitor. Dimana mereka memiliki 6 keterlibatan efektif pada owner, 10 keterlibatan pada karyawan, 5 keterlibatan pada vendor, 4 keterlibatan pada konsumen, dan 2 keterlibatan pada kompetitor. Setelah mengetahui siapa saja stakeholder yang ada pada perusahaan, dilakukan mengidentifikasi untuk membuat rancangan pengukuran kinerja dengan Performance Prism dengan melihat Satisfaction, Contribution, Strategy, Process, dan Capability. Dihasilkan 50 KPI yang terdiri dari Karyawan 18 KPI, Vendor 13 KPI, Konsumen 14 KPI, dan Kompetitor 5 KPI. Didapatkan karyawan sebagai stakeholder dengan bobot tertinggi dengan bobot 0.376, dimana memiliki KPI pada karyawan KPI satisfaction Kecakapan dalam menggunakan software (E2-SA) dengan bobot 0.357, KPI contribution Tingkat produktifitas karyawan (E18-CO) dengan bobot 0.582, KPI capability jumlah mengadakan evaluasi dengan karyawan (E14-C) dengan bobot 0.401, KPI process Jumlah mengadakan rapat dengan owner (E10-P) dengan bobot 0.377, dan KPI strategy Tingkat informasi tersampaikan (E6S) dengan bobot 0.667.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKPI (Key Peformance Indikator)en_US
dc.subjectKonfeksien_US
dc.subjectPerformance Prismen_US
dc.subjectProject Stakeholder Managementen_US
dc.subjectStakeholderen_US
dc.titleIdentifikasi Stakeholder Serta Penerapan Sistem Pengukuran Kinerja Dengan Performance Prism Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus Di Pt. Lintas Bintang Mulia Nusantara “Starcross” Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM16522157


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record