Show simple item record

dc.contributor.advisorSheila Nurul Huda, S.Kom., M.Cs.
dc.contributor.authorELSA MONIKA PERMATASARI
dc.date.accessioned2021-10-19T06:28:33Z
dc.date.available2021-10-19T06:28:33Z
dc.date.issued2021-01-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33390
dc.description.abstractAl-Quran merupakan kitab suci dan pedoman hidup bagi umat manusia muslim serta orang-orang yang bertaqwa kapanpun dan dimanapun, sekaligus merupakan sebuah mukjizat sebagai bentuk kerasulannya Nabi Muhammad SAW. Selain itu Al-Quran juga menceritakan tentang bagaimana kisah perjuangan para Nabi, kesabaran dalam menghadapi segala ujian dan cobaan, serta ketaatannya terhadap perintah Allah SWT. Seperti yang terjadi pada Nabi Yunus AS ketika Allah menguji kesabarannya pada saat beliau meninggalkan kaumnya dalam keadaan marah, ia menunjukkan bahwa dirinya tak mampu bersabar atas sikap umatnya yang suka membangkang. Dalam kisah Nabi Yunus AS ini terdapat pelajaran bahwa hendaknya kita sebagai umat manusia selalu bersabar dengan segala ujian dan cobaan. Betapa pentingnya mengetahui kisah-kisah para Nabi sejak dini karena mengandung pembelajaran bagi kita. Diantara kisah para Nabi, yang perlu dikenal adalah kisah Nabi Yunus. Kisah Nabi Yunus ini menjadi tema yang dapat diandalkan untuk membangun karateristik kepribadian anak. Dari tema ini anak-anak dapat mengambil pelajaran dan keteladanan dari tokoh yang diceritakan. Sehingga akan tumbuh rasa kagum dan mencintai akhlak Nabi dan Rasul. Pada penelitian ini, penulis membangun sebuah aplikasi Visual Novel Kisah Paus Nabi Yunus menggunakan Ren’Py. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode waterfall. Metode ini memiliki tahapan proses pengumpulan data, analisis kebutuhan dan perancangan sistem yang dalam penelitian ini menggunakan metode HIPO. Visual novel ini ditujukan untuk siswa sekolah dasar. Setelah dilakukan pengujian usability dengan metode penilaian skala likert diperoleh hasil bahwa Visual Novel Kisah Paus Nabi Yunus ini Melalui pengujian pretest dan posttest kepada siswa SDN Bergas Kidul 04 kelas 5 menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan pengetahuan terhadap kisah paus Nabi Yunus berdasarkan 94,73% siswa yang memperoleh peningkatan nilai. Berdasarkan uji usabilitas kepada siswa SD tersebut diperoleh skor yang berdasarkan rentang skala likert dapat dikategorikan sangat layak. Dengan begitu aplikasi Visual Novel Kisah Paus Nabi Yunus dapat diterima baik oleh siswa SD.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectNabi Yunusen_US
dc.subjectVisual Novelen_US
dc.subjectKeteladananen_US
dc.subjectRen’Pyen_US
dc.titleVisual Novel Kisah Paus Nabi Yunusen_US
dc.Identifier.NIM16414523


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record