Show simple item record

dc.contributor.advisorDr.H. Fuad Nashori, S.Psi., M.si, M.Ag., Psikolog
dc.contributor.authorIka Wahyuni Wulandari
dc.date.accessioned2021-10-15T06:56:46Z
dc.date.available2021-10-15T06:56:46Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33321
dc.description.abstractKemandirian merupakan hal penting dimiliki oleh setiap siswa, terutama dalam kegiatan berorganisasi siswa diharuskan memiliki sikap mandiri agar tidak mengandalkan teman yang lain. Adapun pertanyaan penelitian antara lain: bagaimana strategi pembinaan kesiswaan melalui OSIS dalam membentuk kemandirian siswa dan bagaimana hasil penerapan setrategi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan uji validitas datanya ialah tringulasi. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Metodenya ialah analisis data kualitatif dengan mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, melalui langkah-langkah sebagai berikut: Pengumpulan data, Penyajian data, Reduksi data dan Penyajian kesimpulan Hasil penelitian adalah: 1) Strategi membentuk kemandirian yaitu melalui LDK untuk melatih siswa mengenai kepemimpinan dan keorganisasian, melatih kemandirian dan tanggung jawab pengurus melalui pembuatan proposal dan LPJ disetiap kegiatan. 2) Hasil Penerapannya yaitu program kerja berjalan sesuai jadwal, rasa percaya diri, motivasi dan semangat tumbuh pada diri siswa. Kata kunci: Pembina OSIS, kemandirian siswaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPembina OSISen_US
dc.subjectkemandirian siswaen_US
dc.titleStrategi Pembinaan Kesiswaan Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Untuk Membentuk Kemandirian Siswa SMA Negeri 1 Purwokertoen_US
dc.Identifier.NIM15913044


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record