Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Hujair AH, Sanaky, MA
dc.contributor.authorMukhlis
dc.date.accessioned2021-10-14T06:57:05Z
dc.date.available2021-10-14T06:57:05Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33292
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dan kemajuan suatu bangsa. Pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan berpikir manusia, terutama dalam hal analisis dan inovasinya. Berpikir dilakukan secara alamiah dan secara ilmiah. Berpikir secara ilmiah menggunakan pola penalaran tertentu yang menghasilkan pemikiran. Dalam prakteknya, seorang peneliti atau ilmuan harus menggunakan pola pikir secara ilmiah. Sebuah tesis, sebagai puncak pemikiran mahasiswa di ranah S2, dituntun untuk memiliki kualifikasi tertentu. Tesis juga dituntut untuk memiliki arah pemikiran yang jelas, karena cara berpikir menentukan perkembangan arah sebuah bangsa. Penelitian ini diniatkan sebagai langkah awal pengembangan pemikiran khusunya di ranah S2. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab dua pertanyaan. Yaitu mengetahui arah pemikiran tesis di Magister Ilmu Agama Islam UII dan bagaimana dinamika perkembangan tesis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan filosofis. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis konten. Hasil dari penelitian menemukan bahwa 1) arah pemikiran yaitu praksis-managemen, dengan paradigma kualitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif, metode deskriptif kasus, deskriptif survei, korelasional, kausal komparatif, eksperimen, tindakan (kelas), metode lapangan, dan metode library research. Mayoritas melakukan penelitian di madrasah. Arah pemikian tesis berkisar seputar kepala sekolah, metode pembelajaran, motivasi belajar, kemampuan guru, dan prestasi belajar. 2) Perkembangan arah pemikiran tesis di Magister Ilmu Agama Islam UII tidak berubah secara signifikan setiap tahunnya. Tesis dengan paradigma kualitatif, walaupun ada kecenderungan menurun pada tahun 2013, namun di tahun-tahun berikutnya kembali kecenderungannya pada kualitatif. Kata kunci: Tesis, Magister Ilmu Agama Islam UII, Penelitianen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTesisen_US
dc.subjectMagister Ilmu Agama Islam UIIen_US
dc.subjectPenelitianen_US
dc.titleArah Pemikiran Tesis Pendidikan Islam Di Magister Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia: Upaya Peningkatan Daya Analis Dan Inovasien_US
dc.Identifier.NIM14913169


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record