Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd.
dc.contributor.authorHasan Fajar Rofi’i
dc.date.accessioned2021-10-14T06:45:38Z
dc.date.available2021-10-14T06:45:38Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33290
dc.description.abstractGuru merupakan salah satu faktor utama yang menentukan mutu pendidikan. Karena guru merupakan pusat pembelajaran dalam rangka membentuk generasi yang berkualitas, baik secara akademik, keterampilan, dan moral kepribadian untuk menyongsong masa depan dengan tantangan zamannya. Oleh karena itu kompetensi pendidik selayaknya untuk diupayakan sebagai salah satu komponen utama mutu pembelajaran guru. Berbagai cara dapat ditempuh salah satunya melalui refungsi kepengawasan akademik dengan memberdayakan kembali fungsi pengawas yang meliputi, pembinaan guru; pemantauan SNP; dan penilaian kinerja guru. Melalui tiga fungsi ini diharapkan guru dapat merencanakan pembelajaran dengan sistematis, melaksanakannya secara tertata dan menilai pembelajaran dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan mutu pembelajaran guru PAI melalui refungsi kepengawasan akademik pada sekolah dasar di Kecamatan Tepus. Penelitian ini termasuk field research dengan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan upaya peningkatan mutu pembelajaran guru melalui refungsi kepengawasan akademik dilakukan dengan melanjutkan program pengawasan sebelumnya dan fokus pada kebutuhan guru serta permasalahan di sekolah. Upaya Pengawas PAI SD ini direalisasikan dalam bentuk perencanaan program dengan menyusun program tahunan, program semester dan Rencana Kepengawasan Akademik. Program yang disusun kemudian dilaksanakan melalui monitoring penyelenggaraan PAI di sekolah dasar, supervisi administrasi guru, observasi pembelajaran guru di kelas, pemantauan kegiatan ekstrakurikuler, pemantauan pelaksanaan ulangan siswa dan pembinaan profesi guru. Keterlaksanaan program terlihat pada kedisiplinan dan tanggung jawab guru serta peningkatan mutu pembelajaran guru yang ditunjukkan dengan adanya tindak lanjut untuk perbaikan terhadap pembelajaran guru baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar. Kata kunci : Mutu pembelajaran guru, kepengawasan akademiken_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMutu pembelajaran guruen_US
dc.subjectkepengawasan akademiken_US
dc.titleUpaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru PAI Melalui Refungsi Kepengawasan Akademik Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidulen_US
dc.Identifier.NIM14913125


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record