Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.author14913089 Faeruzi Afiq
dc.date.accessioned2021-10-14T06:20:36Z
dc.date.available2021-10-14T06:20:36Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33287
dc.description.abstractFAERUZI AFIQ: “ Peran Guru Penjasorkes dalam Membentuk Karakter Disiplin Mentaati Peraturan Sekolah Siswa SDN Kepek I Saptosari Kabupaten Gunungkidul” Penelitian ini merupakan penelitian tentang peran guru penjasorkes dalam membentuk karakter disiplin mentaati peraturan sekolah siswa SDN Kepek I Saptosari Kabupaten Gunungkidul, yang memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Seberapa besar peran guru penjasorkes dalam membentuk karakter disiplin mentaati peraturan sekolah siswa di SDN Kepek I Saptosari Gunungkidul. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif-deskriptif, alasan pemilihan lokasi penelitian ini, karena SDN Kepek I Saptosari Gunungkidul memiliki sosok guru laki-laki yang mengajar penjasorkes, dari guru terserbut berusaha ikut andil dlam menanamkan karakter disiplin mentaati peraturan sekolah melalui proses pembelajaran yang dilaksanakannya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi langsung. Dalam menguji data digunakan trianggulasi sumber data penelitian serta dianalisis dengan cara induktif. Analisis data yang digunakan tahap reduksi data, display data dan menarik kesimpulan serta verifikasi data. Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran PENJAS ORKES dilaksanakan mulai dari beberapa tahap 1) Perencanaan yaitu mempersiapkan segala sesuatu agar pembelajaran berjalan dengan baik, diantaranya pembuatan RPP, daftar hadir siswa, daftar nilai. 2) Pelaksanaan diawali dengan berbaris, berdo’a sebelum masuk kemateri para siswa diminta untuk pemanasan terlebih dahulu, baru masuk pada materi pelajaran PENJAS ORKES disitu para siswa dituntut harus sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran, ada pemberian sangsi ketika ada siswa yang tidak sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran. 3).Evaluasi pembelajaran, pendidikan PENJAS ORKES diikuti dengan sangaat antusias dan semangat, terbukti para siswa bias datang lebih awal dari jadwal yang ada, dan juga berdampak pada kegiatan yang lain diantaranya para siswa mengikuti upacara bendera dengan hikmat, masuk kelas dengan dengan tepat waktu, tidak buang sampah sembarangan, berpakaian rapid an lain sebagainya. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pendidikan Penjasorkesen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectPendidikan Penjasorkesen_US
dc.titlePeran Guru Penjasorkes Dalam Membentuk Karakter Disiplin Mentaati Peraturan Sekolah Siswa SDN Kepek I Saptosari Kabupaten Gunungkidul (Telaah Pendidikan Islam)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record