Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI SMK Se Kabupaten Bantul
Abstract
Pengelolaan pembelajaran merupakan proses inti dari pendidikan. Guru
sebagai pemegang utama dalam pembelajaran dituntut untuk memiliki kompetensi
yang sejalan dengan tujuan pembelajaran. Kompetensi ini mencakup kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi
professional. Peningkatan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran dapat
dilakukan melalui kegiatan MGMP. MGMP sebagai forum komunikasi,
konsultasi dan informasi memiliki peranan yang penting dan strategis dalam
meningkatkan kompetensi guru PAI terutama melalui program kerja yang
dilaksanakan. Penelitian ini mengkaji peranan MGMP dalam meningkatkan
keterampilan pengelolaan pembelajaran guru PAI SMK kabupaten Bantul.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,
teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan
observasi. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Keabsahan pengumpulan data meliputi uji credibility, transferability,
dependability dan confirmability. Teknik analisis data terdiri dari tahapan
mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) MGMP PAI berperan dalam
meningkatkan keterampilan pengelolaan pembelajaran GPAI SMK melalui
program kerja dan kegiatan yang dilaksanakan. 2) Hal ini ditunjukkan dengan
berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan yang melibatkan guru PAI diantaranya
diklat pembelajaran PAI berbasis TIK, Bimtek Media, Metode, Model dan
pembuatan alat peraga PAI, pelatihan komputerisasi arab, pelatihan media
pembelajaran Video Scribe/Sparkol, pelatihan Editing Video dan lain-lain yang
berdampak pada Penilaian Kinerja Guru (PKG) dengan nilai rata-rata baik. 3)
Kegiatan yang dilaksanakan MGMP melibatkan seluruh GPAI dan menggunakan
swadana anggota MGMP melalui iuran wajib dan sukarela.
Kata Kunci: Keterampilan Guru, Pengelolaan Pembelajaran, MGMP