Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Hujair A.H Sanaky, M.SI
dc.contributor.authorSubiantoro
dc.date.accessioned2021-10-13T00:48:38Z
dc.date.available2021-10-13T00:48:38Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33200
dc.description.abstractTesisi ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang secara deskriftif mengkaji tantang pemikiran tokoh cendekiawan muslim dan penggagas transformasi pendidikan Islam di Indonesia yaitu Imam Zarkasyi. Imam Zarkasyi merupakan pemikir tentang transformasi pendidikan Islam yang bercorak modern, visioner, futursistik. Penulis mengambil pemikiran Imam Zarkasyi tentang transformasi pendidikan Islam untuk dapat memberikan suatu solusi dalam menjawab rumusan masalah yaitu; Bagaimana pemikiran pendidikan Islam Imam Zarkasyi dan Bagaimana proses transformasi pendidikan Islam menurut Imam Zarkasyi. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode domain analaysis. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan domain analysis terhadap data primer dan sekunder yang bersifat kualitatif dan dalam seleksi sumber data menggunakan Triangulasi Hasil penelitian yang diperoleh dari atas pemikiran Imam Zarkasyi adalah: Pertama Pemikiran Pendidikan Islam yang Imam Zarkasyi tekankan yaitu pada tercapainya keseimbangan hidup baik kebahagiaan dunia dan kebahagiaan akhirat, sebagai penganti tujuan pendidikan lembaga tradisional sebelumnya yang hanya mementingkan akhirat. Akan tetapi pesantren juga mengajarkan ilmu pengetahuan modern dengan di dukung oleh kemampuan pengusaan bahsa Arab dan bahasa Inggris serta ketrampilan dalam berbagai bidang yang di ajarkan dalam pesantren. Perpaduan kedua bentuk institusi pendidikan itu melahirkan sistem pendidikan Islam yang komprehensif tidak saja hanya menekankan penguasaan terhadap khazanah keilmuan Islam klasik tetapi juga mempunyai integritas keilmuan modern. Kedua. Proses Transformasi pendidikan Islam, pesantren yang selama ini diidentikkan dengan dunia serba tertinggal dan tradisional, beliau rubah menjadi pesantren yang memiliki karakter tradisi dan menerima modernitas. Adapun transformasi pendidikan Islam yang ia tawarkan antara lain tentang transformasi di bidang tujuan pendidikan Islam, kurikulum pesantren, penguatan di bidang menejemen kelembagaan pesantren, dan penanaman etika pesantren sebagai tradisi. Kata Kunci : Transformasien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTransformasien_US
dc.titleStudi Pemikiran Imam Zarkasyi Tentang Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM13913027


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record