dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas persahabatan dan
kesejahteraan psikologis pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.
Penelitian ini melibatkan 42 siswa laki-laki dan perempuan berkebutuhan khusus
berusia 13-20 tahun yang berada di SMP Negeri 2 Sewon, SMK Pembangun
Yogyakarta, dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skala yang digunakan
dalam penelitian ini diterjemahkan dari skala Kualitas Persahabatan (Thien, Razak,
& Jamil, 2012) serta skala Kesejahteraan Psikologis (Liddle & Carter, 2015).
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Product moment
SPSS 22 untuk Windows. Dari hasil analisis, menunjukan bahwa ada hubungan
yang positif antara kualitas persahabatan dan kesejahteraan psikologis siswa
berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. (r = 0,462, r² = 0,213 dan p = 0,003,
p<0,05).
Kata kunci : kualitas persahabatan, kesejahteraan psikologis, siswa
berkebutuhan khusus | en_US |