Search
Now showing items 1-10 of 26
Kesiapan Siswa dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Kualitas dan Prestasi Belajar pada Kelas I dan II di SD Negeri Candirejo Ngaglik Sleman, D.I.Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2017-04-17)
Setiap makhluk yang hidup pasti akan melakukan sebuah kegiatan atau melakukan
tindakan, untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik maka perlu yang namanya sebuah
kesiapan, baik secara fisik, psikis maupun yang lainnya. ...
METODE PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN (Studi Komparasi Pada Pondok Tahfizh Hamalatul Qur’an Bantul dan Pondok Tahfizhul Qur’an SahabatQu Depok Sleman)
(Universitas Islam Indonesia, 2018-06-07)
Latar belakang penelitian ini berawal dari melihat realitas pendidik dan
peserta didik di Indonesia yang selalu mengutamakan pendidikan umum dan sering
menafikan pendidikan Al-Qur’an. Ini merupakan suatu masalah yang ...
PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-06-04)
Beberapa tahun terakhir ini Indonesia dihadapkan oleh beberapa konflik yang disebabkan adanya perbedaan suku, budaya dan agama. Pendidikan agama merupakan sendi pokok pengetahuan dalam membentuk kepribadian seseorang. ...
Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Pada Siswa-Siswi Kelas IX di MTSN Ngemplak
(UII, 2016)
Metode merupakan komponen pendidikan yang sangat penting dan besar peranannya dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran, karena metode merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ...
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs NEGERI 3 SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2019-10-22)
Dalam latar belakang penelitian ini adalah, bahwa dalam pembelajaran
hendaknya terdapat komunikasi yang baik antara guru dan siswa, yang
menekankan kepada keaktifan siswa dalam prosesnya. Hal ini dapat dilakukan
dengan ...
Implementasi Variasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas Vii Di Mts Yapi Pakem Tahun 2019
(Universitas Islam Indonesia, 2021-08-24)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pada proses
pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Yapi Pakem, metode yang
diimplementasikan guru dalam mengajar hanya mengacu pada satu metode
pembelajaran saja, yaitu ...
STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2018-10-03)
Kendala yang menghambat tercapainya tujuan pembelajaran SKI salah satunya adalah kejenuhan belajar siswa Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, guru dituntut harus memiliki strategi dalam melaksanakan tugas mengajarnya.. ...
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs N 9 SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2018-10-05)
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian ...
Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan
(Universitas Islam Indonesia, 2022-02-04)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sosial yang terjadi di Indonesia
yang disebabkan oleh perbedaan pandangan agama, budaya, dan etnis. Hal ini
dapat dicegah jika nilai-nilai multikultural terinternalisasi ...
Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Model Tatap Muka Terbatas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sdn Karanganyar Turi (Studi Pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pai)
(Universitas Islam Indonesia, 2022-07-26)
Pembelajaran tatap muka terbatas adalah model pembelajaran yang
dilakukan dengan skala yang terbatas, suatu sistem yang digunakan sebagai solusi
dari permasalahan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk: ...