Browsing Islamic Education by Title
Now showing items 243-262 of 862
-
Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Ra Al-hidayah Rancakeuyeup Sukajaya Tanggeung Cianjur
(Universitas Islam Indonesia, 2017-05-10)Pendidikan karakter pada anak usia dini sangat dibutuhkan, penanaman karakter yang kuat dari sejak dini akan membentuk karakter anak yang hebat dewasa nanti. Dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada anak usia ... -
Implementasi Pendidikan Multikultural di SD Negeri Wonosalam Sukoharjo Ngaglik Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sosial, agama, dan budaya yang bermacam-macam. Perbedaan keanekaragaman itu dapat dicegah melalui pendidikan multikultural di sekolah. Implementasi pendidikan multikultural merupakan ... -
Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Profetik Siswa Di Stp Khoiru Ummah Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2022-04-21)Melihat potret pendidikan dan moral generasi saat ini, semakin hari semakin banyak perilaku biadab yang dipertontonkan. Sudah sepantasnya generasi muda sadar bahwa di pundak mereka kelak akan diletakkan amanah memimpin ... -
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTs NEGERI 6 SLEMAN, YOGYAKARTA
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-06-04)Latar belakang penelitian ini dilakukan adalah bertolak pada keadaan Indonesia saat ini yang krisis moral karena kurangnya penerapan pendidikan tentang moral/akhlak dalam membentuk moral peserta didik. Seperti yang kita ... -
Implementasi Pengembangan Kurikulum Berbasis Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus di MTS Generasi Emas Denpasar Bali
(Universitas Islam Indonesia, 2020-07-07)Pendidikan adalah hak segala bangsa, itu artinya kesempatan merata kepada semua manusia, tanpa membedakan kemampuan fisik (normal atau tuna), status gender, strata social dan latar belakang etnis, budaya,dan agamanya. ... -
Implementasi Penilaian Otentik dalam Kurikulum 2013 di MA Darunnajah Kebonagung
(Universitas Islam Indonesia, 2020-01-06)Dalam kurikulum 2013 proses penilaian pembelajaran dilakukan dengan penilaian otentik. Pada awal penerapan penilaian otentik tahun 2013/2014 diberlakukan pada sekolah-sekolah pilihan. MA Darunnajah Kebonagung merupakan ... -
Implementasi Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa
(Universitas Islam Indonesia, 2016-08-15)Peranan Guru pendidikan dan pemahaman orang tua dalam proses memberikan konsentrasi anak didik menjadi suatu yang baik untuk mewujudkan kebebasan membangun pendidikan yang dinamis. Peranan guru pendidikan dan pemahaman ... -
Implementasi Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Tunas Bangsa)
(Universitas Islam Indonesia, 2016)Peranan Guru pendidikan dan pemahaman orang tua dalam proses memberikan konsentrasi anak didik menjadi suatu yang baik untuk mewujudkan kebebasan membangun pendidikan yang dinamis. Peranan guru pendidikan dan pemahaman ... -
Implementasi Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Tunas Bangsa)
(Universitas Islam Indonesia, 2017)Peranan Guru pendidikan dan pemahaman orang tua dalam proses memberikan konsentrasi anak didik menjadi suatu yang baik untuk mewujudkan kebebasan membangun pendidikan yang dinamis. Peranan guru pendidikan dan pemahaman ... -
Implementasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2020)Pola asuh yang kurang tepat menyebabkan gagalnya pembentukan karakter pada anak. Maka butuh dukungan dari orang tua melalui pola asuh yang tepat dan sekolah melalui pembiasaan-pembiasaan yang baik sehingga karakter anak ... -
Implementasi Program Baca Tulis Al-Quran (Btaq) Kelas 3b Di Mi Sultan Agung Babadan Baru
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2021-03-23)Program Baca Tulis Al-Qur’an merupakan studi untuk memperdalam ilmu terkait dengan membaca, menulis, dan menghafal al-Qur’an dengan baik dan benar. Program Baca Tulis Al-Quran menjadi penunjang dalam pembelajaran. ... -
Implementasi Program BTAQ (Baca Tulis Alquran) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alquran Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman, Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2020)Program BTAQ di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman merupakan sebuah program ekstrakurikuler yang dilaksanakan dua kali dalam satu minggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana implementasi program BTAQ ... -
Implementasi Program Btaq Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Qur’an Siswa Di Sd Muhammadiyah Balerante Turi, Sleman
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-01-10)Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SD Muhammadiyah Balerante, Turi, Sleman. Pada implementasi program Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) bertujuan untuk ... -
Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3 Sdn Donoharjo Ngaglik Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2022-07-25)Keterampilan literasi sangat penting dalam proses pendidikan seorang anak. Karena dalam proses belajar, seseorang membutuhkan keterampilan literasi untuk dapat menangkap makna atau pesan yang terkandung dalam sebuah ... -
Implementasi Program Literasi Sebagai Pencegah Terjadinya Learning Loss Pasca Pandemi Di Sekolah Dasar Negeri Candirejo, Ngaglik, Sleman
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023)Fenomena learning loss menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi oleh instansi pendidikan, termasuk SD N Candirejo. Learning loss bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya yaitu pandemi yang berlangsung cukup ... -
Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Di MTsN 6 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2021-06-07)Anak sebagai generasi penerus bangsa sering kali mendapat kekerasan di rumah, sekolah dan lingkungan sekitar. Dari hasil yang ditemukan kekerasan pada anak disebut sebagai mendisiplinkan agar anak tidak melakukan ... -
Implementasi Program Tahfidz Al-Quran Pada Siswa Di MTs N 9 Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2019-09-28)Penelitian ini membahas tentang Implementasi Program Tahfidz Al- Qur‟an Di MTs N 9 Sleman Yogyakarta. Program tahfidz yang berdiri sejak bulan september 2018 ini berdiri atas dasar keresahan guru-guru PAI di MTs N 9 Sleman ... -
Implementasi Psikologi Belajar Dalam Meningkatkan Strategi Pembelajaran PAI Pada Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan T.A 2019 Di MTS N 10 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2021-03-23)erkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat (termasuk dalam ilmu Kependidikan) menutut manusia untuk mengolah segala potensi yang dimilikinya agar tidak ketinggalan kereta, lewat pengkajian dan penelitian ... -
Implementasi Quantum Teaching Pada Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Di Smpn 1 Ngaglik Kabupaten Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2021-12-09)Dalam penyebaran pandemi virus Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui surat edaran yang menganjurkan pembelajaran melalui media daring. Langkah ini menjadi mitigasi dalam ... -
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN TAJWID MAHASISWA (Studi Kasus di Halaqoh Taklim 1B Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia)
(Universitas Islam Indonesia, 2019-07-24)Pada umumnya beberapa kemampuan kreativitas guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang interaktif masih minim dilakukan. Faktor penyebabnya mengakibatkan peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran, suasana ...