Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Ridwan Andi Purnomo, ST., M.Sc., Ph.D.
dc.contributor.authorDean Putro Dewanto
dc.date.accessioned2021-10-01T07:13:23Z
dc.date.available2021-10-01T07:13:23Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32930
dc.description.abstractPersaingan bisnis yang semakin kompetetif saat ini membuat perusahaan dituntut melakukan inovasi di segala bidang untuk mencapai target yang ingin diraih. Jasa telekomunikasi saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan, sehingga seluruh perusahaan jasa telekomunikasi berlomba – lomba memasarkan produk unggulannya demi mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya. PT. Telekomunikasi Indonesia memiliki produk internet broadband indihome demi memenuhi kebutuhan internet masyarakat Indonesia. Di Kantor Daerah Telkom Salatiga, kinerja pada sisi keuangan belum mencapai target. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi kinerja perusahaan secara menyeluruh tidak hanya dari segi keuangan. Penelitian ini menggunakan Balanced Scorecard berbasis Fuzzy Multi-Criteria Decision Making berupa fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy AHP) untuk mengetahui pencapaian indikator performa di perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan, kemudian Fuzzy Multi-Criteria Decision Making digunakan untuk menentukan fokus kerja agar performa perusahaan menjadi lebih bak. Berdasarkan penelitian, indikator performa Target Revenue, akuisisi pelanggan, profitabilitas pelanggan, gangguan jaringan internet, target sales, dan produktivitas karyawan belum memiliki performa yang memuaskan sehingga perlu adanya perbaikan. Sedangkan berdasarkan Fuzzy AHP, 3 indikator performa yang dianggap penting menurut expert demi perbaikan performa perusahaan adalah kepuasan pelanggan dengan bobot 0.242, retensi pelanggan dengan bobot 0.131, dan kepuasan karyawan dengan bobot 0.115. Kata Kunci : Evaluasi Kinerja Perusahaan, Balanced Scorecard, Fuzzy AHen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi Kinerja Perusahaanen_US
dc.subjectBalanced Scorecarden_US
dc.subjectFuzzy AHen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balance Scorecard Berbasis Fuzzy Multi-Criteria Decision Making (Studi Kasus di PT. Telkom Kandatel Salatiga)en_US
dc.Identifier.NIM12522282


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record