Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS.
dc.contributor.authorHERMANSYAH
dc.date.accessioned2021-09-29T07:31:13Z
dc.date.available2021-09-29T07:31:13Z
dc.date.issued2021-06-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32860
dc.description.abstractK. H. Abdurrahman Wahid yang lebih akrab dipanggil Gus Dur, termasuk tokoh yang banyak mempunyai gagasan kreatif, inovatif dan solutif. Pemikiran yang kadangkala susah dipahami sehingga berdampak dia selaku tokoh yang kontroversial. Namun disamping itu dia juga sudah memberikan kontribusi yang tidak sedikit terutama untuk dunia pendidikan islam di Indonesia. . Gus Dur juga diberi gelar Bapak Pluralisme Indonesia karna perilaku toleransi yang besar tehadap perbedaan- perbedaan yang ada, semacam permasalahan agama, ras dan sebagainya. Selaku seorang ilmuwan yang jenius, dia berpendapat bahwa kalau ingin memberdayakan umat Islam, harus dilakukan dengan memperbarui pendidikan secara umum dan pendidikan di pesantren. Oleh karena itulah beliau layak dimasukkan sebagai tokoh pembaru pendidikan Islam. Adapun fokus penelitian ini pada bagaimana konsep pendidikan Islam dalam persfektif Gus Dur dan bagaiaman relevansinya dengan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan dengansumber data primer berupa buku Gus Dur dan Pendidkan Islam dan makalah maupun artikel karya Gus Dur, sedangkan sekunder berupa buku-buku terkait konsep pendidikan Islam yang sefaham pemikiran Gus Dur. Teknik analisis menggunakan content analysis. Adapun tahapan analisis dimulai dengan menentukan permasalahan, menyusun kerangka pemikiran, menyusun perangkat metodologi. Hasil penelitian ini adalah konsep pendidikan Islam persfektif Gus Dur tediri dari kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, dan tujuan pendidikan Islam; pendidikan Islam berbasis Neomodernisasi,pendidikan Islam berbasis pembebasan dan pendidikan Islam berbasis Multikulturalisme. Konsep pendidikan Islam persfektif Gus Dur relevan dengan pendidikan Islam di Indonesia karena mengandung unsur-unsur yang sama.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKonsepen_US
dc.subjectK.H. Abdurrahman Wahiden_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.titleKonsep Pendidikan Islam Dalam Persfektif K.H.Abdurrahman Wahid (Gus Dur)en_US
dc.Identifier.NIM17913027


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record