Show simple item record

dc.contributor.advisorHariz Enggar Wijaya, S.Psi., M.Psi., Psikolog.,
dc.contributor.authorKARTIKA INTAN PERDANA
dc.date.accessioned2021-09-23T08:33:39Z
dc.date.available2021-09-23T08:33:39Z
dc.date.issued2021-05-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32717
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara regulasi diri dalam belajar dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Alat ukur resiliensi akademik yang digunakan pada penelitian ini adalah The Academic Resilience Scale (ARS-30) yang dikembangkan oleh Cassidy (2015) dan telah diadaptasi ke dalam versi bahasa Indonesia oleh Kumalasari, Lutfhfiyanni, dan Grasiaswaty (2020). Sedangkan alat ukur regulasi diri dalam belajar dalam penelitian ini adalah Motivated Strategies for Learning Questonnaire (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich, Smith, Gracia, dan McKeachie (1991). Namun, yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MSLQ yang disusun berdasarkan sub-skala self-efficacy for learning and performance yang diambil dari penelitian Rahmawati (2020) dan sub-skala control of learning beliefs, metacognitive self-regulation, time & study environment, serta effort regulation yang diambil dari penelitian Monalisa (2018). Responden dalam penelitian ini yaitu 57 mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang sedang menyusun skripsi. Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik uji korelasi Spearman rho. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel, artinya hipotesis penelitian diterima.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectResiliensi Akademiken_US
dc.subjectRegulasi Diri dalam Belajaren_US
dc.subjectMahasiswa yang sedang Menyusun Skripsien_US
dc.titleHubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsien_US
dc.Identifier.NIM17320037


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record