Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. rer. nat. Arief Fahmi M. A., psikolog,
dc.contributor.authorTRI ANGGRAYANI
dc.date.accessioned2021-09-22T08:55:44Z
dc.date.available2021-09-22T08:55:44Z
dc.date.issued2021-06-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32685
dc.description.abstractEfikasi yang rendah membuat mahasiswa magister profesi psikologi menjadi tidak yakin terhadap dirinya untuk mampu membuat biro psikologi mandiri. Modul Psypreneurship berisikan mengenai bagaimana cara dan kompetensi apa saja yang diperlukan psikolog dalam mendirikan sebuah biro psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan validasi terhadap Modul Psypreneurship untuk meningkatkan efikasi mahasiswa magister profesi psikologi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala efikasi yang diadaptasi melalui teori efikasi Bandura (1977). Partisipan penelitian berjumlah 30 orang yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validasi modul dalam penelitian ini menggunakan dua tahapan. Pertama, validasi isi (content) dilakukan melalui prosedur profesional judgement sebanyak 6 orang ahli, hasil uji validitas isi (content) modul menggunakan Aiken's V, menunjukan nilai yang berkisar antara 0,791-0,916 sehingga modul dinyatakan memiliki validitas isi yang baik. Kedua, validasi empiris dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain eksperimen kuasi dengan pretest and posttest samples. Hasil uji emperis menunjukan terdapat peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan pelatihan dibanding dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul Psypreneurship valid untuk meningkatkan efikasi calon psikolog.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfikasien_US
dc.subjectPsypreneurshipen_US
dc.subjectValidasi Modulen_US
dc.titleValidasi Modul Pelatihan Psypreneurship Untuk Meningkatkan Efikasi Calon Psikologen_US
dc.Identifier.NIM17915015


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record