dc.contributor.advisor | Dr. rer. nat. Arief Fahmi M. A., psikolog, | |
dc.contributor.author | TRI ANGGRAYANI | |
dc.date.accessioned | 2021-09-22T08:55:44Z | |
dc.date.available | 2021-09-22T08:55:44Z | |
dc.date.issued | 2021-06-08 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32685 | |
dc.description.abstract | Efikasi yang rendah membuat mahasiswa magister profesi psikologi menjadi tidak
yakin terhadap dirinya untuk mampu membuat biro psikologi mandiri. Modul
Psypreneurship berisikan mengenai bagaimana cara dan kompetensi apa saja yang
diperlukan psikolog dalam mendirikan sebuah biro psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk
melakukan validasi terhadap Modul Psypreneurship untuk meningkatkan efikasi mahasiswa
magister profesi psikologi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala
efikasi yang diadaptasi melalui teori efikasi Bandura (1977). Partisipan penelitian berjumlah
30 orang yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validasi modul
dalam penelitian ini menggunakan dua tahapan. Pertama, validasi isi (content) dilakukan
melalui prosedur profesional judgement sebanyak 6 orang ahli, hasil uji validitas isi
(content) modul menggunakan Aiken's V, menunjukan nilai yang berkisar antara 0,791-0,916
sehingga modul dinyatakan memiliki validitas isi yang baik. Kedua, validasi empiris
dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain eksperimen kuasi dengan pretest and
posttest samples. Hasil uji emperis menunjukan terdapat peningkatan yang signifikan pada
kelompok eksperimen setelah mendapatkan pelatihan dibanding dengan kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukan bahwa modul Psypreneurship valid untuk meningkatkan efikasi
calon psikolog. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Efikasi | en_US |
dc.subject | Psypreneurship | en_US |
dc.subject | Validasi Modul | en_US |
dc.title | Validasi Modul Pelatihan Psypreneurship Untuk Meningkatkan Efikasi Calon Psikolog | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17915015 | |