Show simple item record

dc.contributor.advisorErni Dewi Riyanti, S.S, M.Hum.
dc.contributor.authorABIA HANSYAH FARABI
dc.date.accessioned2021-09-22T06:54:50Z
dc.date.available2021-09-22T06:54:50Z
dc.date.issued2021-06-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32666
dc.description.abstractPeran media sosial di Indonesia khusus nya di kota-kota besar seperti Jakarta,Surabaya, Yogyakarta dalam mengurangi status lajang sudah menjamur dan berkembang di masyarakat dari remaja hingga orang dewasa bahkan orang yang tergolong tua menggunakan media sosial dalam membantu mencari calon pasangan hidup. Skripsi ini mempunyai tujuan untuk mengetahui latar belakang mengenai peran media sosial dan mengetahui proses biro jodoh online Rumah Taaruf Taman Surga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu tata cara penelitian yang mendapatkan data deskriptif yang di dalamnya berupa kata yang tertulis, lisan, perilaku yang di amati dan upaya pencarian makna. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan dan studi pustaka, yang obyeknya langsung berasal dari lapangan guna memperoleh data yang kongkrit yang berkaitan dengan penelitian dan studi pustaka sebagai pendukung penyusunan skripsi ini. Hasil penelitian ini bahwa dalam melakukan proses taaruf ada beberapa proses yang penulis temukan diantaranya Proses pelaksanaan ta’aruf pada biro jodoh online ini dimulai dengan mengisi formulir pendaftaran sampai saling bertemunya kedua orangtua para calon pasangan yang didampingi oleh Ustadz Awan Abdullah bersama tim Rumah Ta’aruf Taman Surga. Rumah Ta’aruf Taman Surga memiliki kedisplinan dan sanksi yang tegas bagi para peserta ketika berjalannya proses ta’aruf yang melanggar ketentuan yang dibuat oleh Rumah Ta’aruf Taman Surga. Ada beberapa sosial media yang digunakan Rumah Ta’aruf Taman Surga dalam membantu perkembangannya seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dan juga website maupun blog yang berfungsi sebagai media promosi dan juga penyampaian informasi mengenai Rumah Ta’aruf Taman Surga. Secara khusus, Whatsapp berperan sebagai media interaksi dan komunikasi dalam proses ta’aruf dan Telegram membantu sebagai database informasi para akhwat dan ikhwan yang bergabung di rumah ta’aruf ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMedia Sosialen_US
dc.subjectStatus Lajangen_US
dc.subjectBiro jodohen_US
dc.subjectMilenialen_US
dc.titlePeran Media Sosial Dalam Mengurangi Status Lajang Milenial (Studi Kasus Biro Jodoh Online Rumah Ta’aruf Taman Surga Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM17421054


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record