Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. H. Bachnas, M.Sc.
dc.contributor.authorAchmad Nachrowi
dc.date.accessioned2021-09-16T06:51:12Z
dc.date.available2021-09-16T06:51:12Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32536
dc.description.abstractKereta api adalah salah satu transportasi massal darat yang dapat digunakan untuk mengantarkan penumpang atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain dengan murah, aman, cepat, dan nyaman. Kualitas kinerja kereta api dan kualitas pelayanan kereta api yang diberikan dapat mempengaruhi pengguna jasa transportasi darat tersebut. Jika kinerja dan pelayanannya kereta api baik maka pengguna merasa tertarik dengan jasa transportasi yang ditawarkan atau sebaliknya jika kinerja dan pelayanan tersebut kurang baik pengguna tidak tertarik dengan jasa transportasi yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja operasi, dan tingkat kepuasan penumpang pada Kereta Api Prambanan Ekspres jurusan Kutoarjo – Solo Balapan. Pada penelitian ini data sekunder didapatkan dari PT. Kereta Api Indonesia DAOP VI Yogyakarta berupa : data volume penumpang Kereta Api Prambanan Ekspres jurusan Kutoarjo-Solo Balapan pada tahun 2015, data kapasitas kereta api, jarak tempuh kereta api, dan jadwal kereta api (Gapeka) Kereta Api Prambanan Ekspres jurusan Kutoarjo-Solo Balapan. Data primer didapatkan di dalam Kereta Api Prambanan Ekspres jurusan Kutoarjo-Solo Balapan yaitu volume penumpang, waktu tempuh, waktu seluruhnya, dan menyebaran kuesioner ke penumpang. Dari data – data tersebut dilakukan analisis untuk memperoleh kinerja pada tahun 2015 dan 2016 serta kualitas pelayanan Kereta Api Prambanan Ekspres jurusan Kutoarjo-Solo Balapan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Dari penelitian ini KA Prambanan Ekspres jurusan Kutoarjo-Solo Balapan berdasarkan data sekunder, didapatkan jam sibuk 06:15 WIB dengan load factor sebesar 95,54%, sedangkan berdasarkan data primer, didapatkan jam sibuk 06:15 WIB dengan load factor sebesar 84,60%. Rute Solo Balapan – Kutoarjo berdasarkan data sekunder, didapatkan jam sibuk 16:10 WIB dengan load factor sebesar 151,63%, sedangkan berdasarkan data primer, didapatkan jam sibuk 05:15 WIB dengan load factor sebesar 101,38%. Kecepatan dan keterlambatan sudah sesuai dengan target yang di tetapkan PT. Kereta Api Indonesia. Untuk kualitas pelayanan penumpang puas tetapi nilai kepuasan belum setara dengan kepentingan. Kata kunci : Kereta Api, Load Factor, Kecepatan, Keterlambatanen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKereta Apien_US
dc.subjectLoad Factoren_US
dc.subjectKecepatanen_US
dc.subjectKeterlambatanen_US
dc.titleAnalisis Kinerja Kereta Api Prambanan Ekspres Jurusan Kutoarjo-Solo Balapanen_US
dc.Identifier.NIM11511172


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record