Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Niat Membeli Produk Shampo Sunsilk
Abstract
Suyanti (2005) - Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap
Niat Membeli Produk Shampo Sunsilk" Yogyakarta. Jurusan Manajemen,
Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.
Penklanan pada berbagai media saat ini sangat bersaing. Banyak
pemasang iklan menggunakan selebriti untuk meningkatkan keefektitan
Sannya Para pemasang iklan percaya bahwa selebnti lebih mampu dan
kredibel untuk menarik perhatian konsumen. Beberapa penelitian juga
menekankan peran pentmg selebriti dalam meningkatkan kemgman konsumen
terhadap pembelian produk. , Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penggunaan Inneke Koesherawati sebagai endoser dalam iklan Shampo
Sunsilk terhadap mat membeli oleh konsumen serta untuk mengetahin
diantara variable daya tank, likability. trustworthiness ^edibihty-dan
expertise variable manakah yang paling dominant pengaruhnya terhadap mat
membeli konsumen terhadap produk Shampo Sunsilk.
Data primer dalam penelitian ini diambil dan sebuah kuisioner yang
diis, oleh 100 responden yang tmggal di Desa Salaman Kecamatan Salaman
Kabupaten Magelang. Para responden mengevaluasi daya torik, likabiIty,
trustworthiness, credibility dan expertise dan Inneke Koesherawati dalam
iklan tersebut. Semua data pnmer dianalisis dengan menggunakan regresi
berganda untuk mengetahui pengaruh dari variable-vanabel tersebut terhadap
mat mern^e i^ Mm ^ terbukti bahwa variable daya tarik, likabilitry
trustworthiness, credibility dan expertise secara simultan mempengaruhi mat
membeli produk Shampo Sunsilk. Sedangkan secara parsial variable daya
tarik dan credibility mempengaruhi mat membeli konsumen secara signirikan
sedangkan variable likability, trustworthiness, dan expertise tidak
mempengaruhi niat membeli konsumen secara sigmfikan.
Collections
- Management [4527]