Pendekatan Analisis Faktor Untuk Mengetahui Persepsi Siswa Kelas XII SMA dan MA Jurusan IPS dan IPA terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus : Siswa Kelas XII SMA dan MA Negeri maupun Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasyah Aliyah (MA) baik Negeri maupun Swasta jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas XII, untuk mengetahui persepsi mereka terhadap mata pelajaran Matematika. Responden terdiri dari 670 siswa siswi jurusan IPS dan 152 siswa siswi jurusan IPA SMA dan MA yang tersebar di 10 kecamatan yang berada dalam wilayah Kabupaten Sleman. Berdasarkan analisis faktor diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa IPS terhadap palajaran matematika diantaranya, pertama kurangnya motivasi internal siswa, kedua belum optimalnya metode pengajaran guru matematika, ketiga tidak menyukai rumus-rumus, keempat kurangnya dukungan orang tua, dan kelima belum maksimalnya penyampaian informasi aplikasi atau manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari sedangkan untuk siswa IPA diantaranya, pertama motivasi internal siswa, kedua cukup optimalnya metode pengajaran guru matematika, ketiga konkritnya ditunjukkan aplikasi dan matematika dalam kehidupan sehari-hai dan masa datang, dan keempat terbiasa dengan rumus-rumus, dan kelima menghadapi kendala jika tidak menguasai matematika.
Kata Kunci : Siswa/i SMA/MA, Matematika, Analisis Faktor
Collections
- Statistics [899]