• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Industrial Technology
    • Industrial Engineering
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Industrial Technology
    • Industrial Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Bullwhip Effect pada Manajemen Rantai Pasokan (SCM) untuk Menanggulangi Terjadinya Amplifikasi Variabilitas Permintaan Disetiap Saluran (Chanel)(Studi kasus pada Manajemen Rantai Pasokan PT Sari Husada Tbk)

    Thumbnail
    View/Open
    01.0 cover.pdf (44.11Kb)
    02 preliminari.pdf (149.6Kb)
    03 daftar isi.pdf (82.32Kb)
    04 abstract.pdf (63.87Kb)
    05.1 bab 1.pdf (180.3Kb)
    05.2 bab 2.pdf (473.9Kb)
    05.3 bab 3.pdf (72.49Kb)
    05.4 bab 4.pdf (1.211Mb)
    05.5 bab 5.pdf (303.0Kb)
    05.6 bab 6.pdf (89.16Kb)
    06 daftar pustaka.pdf (40.35Kb)
    Date
    2004
    Author
    Puspaningsih, Tri Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fenomena yang sering terjadi pada supply chain adalah teramplifikasinya variabilitas permintaan dari chanel downstream ke chanel upstream. Fenomena ini dinamakan bullwhip effect. Akibat terjadinya bullwhip effect timbul inefisiensi pada supply chain, antara lain perencanaan produksi dan pengiriman produk jadi. Penelitian ini membahas mengenai bullwhip effect yang terjadi pada supply chain susu yaitu di PT. Sari Husada. Menghitung bullwhip effect, dibagi menjadi empat pengukuran pada dua sekumpulan echelon. Pengukuran pertama analisa paling detail, dengan mengukur produk dengan outlet. Pengukuran kedua, permintaan diagregasikan pada outlet. Pengukuran ketiga, permintaan diagregasikan pada produk. Pengukuran keempat, diagregasikan pada outlet dan produk yang kesemuanya dilakukan didua chanel supply chain, yaitu distributor dan retailer. Hasil pengukuran untuk echolen retailer dengan distributor menghasilkan nilai Ѡ1(0.97) > Ѡ4(0.93) dan chanel distributor dengan produsen menghasilkan nilai Ѡ1(0.99)> Ѡ4(0.90) yang berarti terjadi amplifikasi variabilitas permintaan disetiap chanel supply chain. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya bullwhip effect, antara lain: adanya kebijakan harga dalam memberi potongan harga dan bonus, kebijakan perusahaan dalam pemesanan produk berdasarkan data histories downstream dibawahnya. Cara untuk mengurangi terjadinya bullwhip effect, adalah mengurangi variabilitas permintaan, jadwal pengiriman produk dengan tepat, memperbaiki kebijakan harga.
    URI
    http://hdl.handle.net/123456789/3210
    Collections
    • Industrial Engineering [1049]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV