Pengaruh Identifikasi Konsumen-Merek, Citra Harga, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Beberapa Merek Kosmetik Lokal Di Indonesia
Abstract
Sekarang ini kebutuhan masyarakat semakin hari semakin bertambah, tidak
hanya untuk kebutuhan pokok saja tetapi juga untuk kebutuhan pribadi misalnya
kebutuhan akan kosmetik. Tingginya kebutuhan kosmetik di pasaran menjadikan
semakin berkembangnya lini bisnis untuk kosmetik dan menyebabkan tingkat
persaingan bisnis tersebut semakin kompetitif ditambah lagi dengan menjamurnya
merek kosmetik di Indonesia. Persaingan yang kompetitif membuat para pelaku
bisnis perlu untuk memikirkan bagaimana cara memperoleh loyalitas dari
konsumen.
Penelitian ini berjudul “Pengaruh identifikasi konsumen-merek, citra harga,
dan kepuasan terhadap loyalitas beberapa merek kosmetik lokal di Indonesia”.
Penulis menggunakan beberapa merek kosmetik lokal di Indonesia antara lain yaitu
Make Over, Rollover Reaction, Wardah, By Lizzie Parra (BLP) Beauty, dan Emina.
Kelima merek tersebut merupakan brand make up lokal terbaik pada tahun 2020
(Cekaja.com, 2020). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui apakah
variabel identifikasi konsumen-merek, citra harga, dan kepuasan berpengaruh
terhadap loyalitas merek.
Populasi yang dituju adalah konsumen yang pernah membeli dan
menggunakan kelima merek kosmetik lokal tersebut sebanyak 166 responden.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilitas yaitu
convenience sampling. Metode pengumpulan data melalui media kuesioner
kepada beberapa responden yang telah ditetapkan sebagai sampel penlitian. Untuk
analisis data menggunakan metode SEM dan diolah menggunakan aplikasi AMOS
versi 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa enam hipotesis signifikan. Identifikasi
konsumen-merek berpengaruh positif terhadap citra harga, kepuasan, dan loyalitas
merek. Citra harga berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas merek.
Terakhir, kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek.
Collections
- Management [4524]