Show simple item record

dc.contributor.advisorAndhika Giri Persada, S.Kom., M.Eng.
dc.contributor.authorADZAN KUSUMO ASTOMO
dc.date.accessioned2021-08-19T06:15:13Z
dc.date.available2021-08-19T06:15:13Z
dc.date.issued2021-05-31
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31802
dc.description.abstractPengaruh dunia digital terhadap dunia crowdfunding melahirkan berbagai aplikasi penggalangan dana yang berutujuan untuk mempermudah para donatur untuk bisa berdonasi kepada korban bencana alam di dunia maya. Namun hal tersebut mempunyai suatu masalah, masalah ini terjadi pada donatur dan korban bencana alam. Permasalahan terjadi pada saat donatur memberikan donasi kepada korban bencana alam, tetapi korban sudah memiliki kebutuhan yang dibutuhkan karena banyaknya donasi yang sudah sampai di posko. Pada hal ini donatur tidak mengetahui atau tidak mendapatkan data yang valid dari posko setempat sehingga bisa terjadi kecurangan dan penumpukan barang donasi yang bisa menjadi penyakit bagi korban bencana alam. Penelitian ini mengambil studi kasus pada Desa Bangunjiwo Kabupaten Bantul sebagai sumber penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan donatur, relawan, dan korban bencana alam melakukan donasi dan menerima donasi serta memberikan informasi dan data yang valid kepada donatur dan kebutuhan yang dibutuhkan relawan dan korban di posko. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan pemikiran desain. Pada pemikiran desain terdapat beberapa tahapan atau proses untuk membuat desain interaksi diantaranya adalah pengumpulan data (empathize), analisis kebutuhan (define), analisis solusi (ideate), perancangan purwarupa aplikasi (prototype), dan pengujian (test). Pada tahap pengujian (test) menggunakan metode usability testing. Pengujian dilakukan dengan menggunakan skenario atau langkah-langkah untuk tujuan yang ingin dicapai oleh pengguna. Hasil dari pengujian ini dibagi menjadi dua yaitu berdasarkan waktu dan gestur tubuh pengguna. Waktu yang ditentukan berdasarkan 2 key metrics yang didapat pada saat pengujian dinilai dari nilai tercepat dan nilai terlama pada setiap task. Penelitian ini telah menghasilkan desain interaksi aplikasi crowdfunding korban bencana alam dengan menggunakan metode pemikiran desain yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna dan dapat mempermudah para donatur, relawan, dan korban bencana alam untuk saling bertukar informasi dan data yang valid.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpemikiran desainen_US
dc.subjectempati, bencana alamen_US
dc.subjectcrowdfundingen_US
dc.titleDesain Interaksi Aplikasi Crowdfunding Bencana Alam Menggunakan Metode Design Thinkingen_US
dc.Identifier.NIM14523137


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record