dc.description.abstract | Jembatan Kiringan dibangun sebagai solusi untuk meningkatkan aksesbilitas
masyarakat dengan menghubungkan dua dusun ,yaitu dusun Pelemadu, Desa
Sriharjo dengan Dusun Kiringan, Desa Canden . Jembatan tersebut membentang di
atas sungai Opak. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan jembatan Kiringan
dengan menggunakan gelagar baja dengan struktur atas komposit baja-beton.Pada
jembatan beton sebelumnya hanya selebar 1,5 meter ,namun pada rencana desain
ini bentang sepanjang 84 m dan lebar jembatan ditingkatkan menjadi 8 m.
Dasar perancangan pembebanan jembatan mengacu pada peraturan SNI 1725:2016
dan SNI 2833:2016. Untuk desain elemen-elemen jembatan mengacu pada
peraturan RSNI-03-2005 dan RSNI T-12-2004.. Perancangan jembatan ini
menggunakan bantuan software SAP2000 v22.00 untuk analisis pelat lantai
kendaraan dan Microsoft excel untuk menghitung gaya-gaya yabg bekerja serta
menghitung kapasitas dari setiap elemen.
Dari hasil perancangan jembatan, didapat profil struktur gelagar IWF 900x300x16
x 28, sedangkan untuk diafragma digunakan profil IWF 450x200x 9 x14. Untuk
tebal pelat lantai kendaraan digunakan 0,2 m dan trotoar 0,3 m. Pada perancangan
ini juga dirancang pilar jembatan dengan tebal pilar 1,3 m dan pier head setebal 1,8
m serta pile cap setebal 1,5 m.Fondasi tiang bor pilar digunakan diameter 0,6m
sejumlah 12 buah. Untuk abutment digunakan setebal 0,8 m untuk breast wall dan
pile cap setebal 1,3 m.Fondasi tiang bor abutment digunakan diameter 0,8 m
sejumlah 9 buah. | en_US |