Show simple item record

dc.contributor.advisorKholid Haryono, S.T., M.Kom.,
dc.contributor.authorSHINTIA MELIANA WIJAYA
dc.date.accessioned2021-08-17T09:05:44Z
dc.date.available2021-08-17T09:05:44Z
dc.date.issued2021-04-16
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31700
dc.description.abstractUpaya dalam pembinaan dan pelayanan perlu dimaksimalkan agar tersampainya fungsi pada Panti Sosial. Proses pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan meliputi seluruh kehidupan orang dalam masyarakat. Jadi pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh pengelola dengan landasan faktor materil melalui sistem, prosedur dan metode dalam rangka usaha memenuhi kepentingan dan kebutuhan anak asuh dengan tujuan kesejahteraan. Permasalahan sosial memerlukan kepedulian dan kepekaan sosial seluruh elemen masyarakat, untuk itu pelayanan sosial yang diselenggarakan oleh panti-panti sosial masyarakat merupakan wujud nyata dari peran serta masyarakat dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk lebih memaksimalkan pelayanan sosial dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Penulis membuat rancangan aplikasi Sampesuvu untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi ke Panti Sosial dalam berbagai bentuk seperti uang, makanan, dan jasa. Pihak Panti Sosial juga dapat membuka penerimaan donasi apabila memang dibutuhkan, sehingga bisa lebih mudah menemukan donatur untuk memenuhi kebutuhan Panti Sosial tersebut. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, database MySql, dan menggunakan metode prototyping low fidelity. Dalam pembuatan aplikasi Sampesuvu, penulis menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) yaitu salah satu algoritma yang digunakan untuk pengambilan keputusan dengan metode penjumlahan terbobot. Metode ini diimplementasikan ke dalam fitur Rekomendasi Kampanye pada aplikasi, yang memudahkan Donatur dalam memilih dari berbagai kampanye sesuai dengan preferensinya. Pengujian pada aplikasi dilakukan dengan metode User Acceptance Test (UAT) yaitu meminta tanggapan dari responden sebagai Donatur dan sebagai Panti Sosial. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi diterima oleh calon pengguna sebagai Donatur yaitu 80,12% dan sebagai Panti Sosial yaitu 94,6% yang artinya layak untuk digunakan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectpanti sosialen_US
dc.subjectdonaturen_US
dc.subjectsistem panti sosialen_US
dc.subjectmetode SAWen_US
dc.subjectJavaen_US
dc.subjectUATen_US
dc.titlePlatform Donasi Untuk Meningkatkan Pemenuhan Kebutuhan Pantien_US
dc.Identifier.NIM15523152


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record