dc.description.abstract | Kegiatan kepengawasan dan pembinaan pendidikan yang dilakukan oleh
pengawas terhadap guru-guru PAI SMP dimaksudkan untuk membimbing dan
membantu guru-guru dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi, dan untuk
meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya. Pertanyaan
penelitian dalam tesis ini adalah bagaimana strategi pengawas dalam membimbing
guru PAI SMP menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Kabupaten Sijunjung
Provinsi Sumatera Barat?.
Tujuan penelitiana ini adalah untuk mengetahui strategi/cara/teknik yang
digunakan pengawas dalam membimbing guru PAI SMP menyusun penelitian
tindakan kelas di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini
termasuk field research dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Metode
pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara
mendalam dan studi dokumen. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawas dalam melakukan
pembinaan/bimbingan kepada guru-guru PAI SMP terutama dalam hal menyusun
penelitian tindakan kelas, pengawas menggukan strategi/cara/teknik bimbingan
secara kelompok. Bimbingan secara kelompok ini dilaksanakan pengawas dalam
kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Pembinaan/bimbingan yang dilakukan pengawas dengan memberikan
pengetahuan/konsep tentang penelitian tindakan kelas dan saran/motivasi terhadap
guru-guru agar terbiasa menulis permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam
proses pembelajaran yang bisa dijadikan sebuah tindakan atau penelitian tindakaan
kelas, yang merupakan salah satu usaha guru dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Strategi, Pengawas, Penelitian Tidakan Kelas | en_US |