dc.contributor.advisor | Dra. Yayi Suryo Prabandari, MSc., Ph.D | |
dc.contributor.author | CINDANI TRIKA KUSUMA | |
dc.date.accessioned | 2021-08-13T08:28:56Z | |
dc.date.available | 2021-08-13T08:28:56Z | |
dc.date.issued | 2017 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31623 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan berpikir
positif untuk menurunkan stress akademik pada dokter PPDS bedah. Subjek
dalam penelitian ini adalah dokter yang sedang melanjutkan program pendidikan
dokter spesialis (PPDS) bedah minimal pada semester 2 sebanyak sepuluh orang,
yang memiliki skor skala stres akademik sedang. Alat ukur yang digunakan dalam
penelitian ini adalah alat ukur skala stres akademik yang disusun berdasarkan
aspek-aspek yang diungkapkan Olejnik dan Holschuh (2007). Uji hipotesis
dilakukan dengan menggunakan analisis Mann Whitney, diperoleh nilai Z sebesar
0.000 dengan p = 1.000 (p > 0.05). Sedangkan pada pascates diperoleh nilai
sebesar -2.627 dengan p = 0.009 (p < 0.01). Pada tindak lanjut diperoleh nilai
sebesar -2.611 dengan p = 0.009 (p < 0.01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan skor tingkat stress akademik yang signifikan antara pratespascates
dan prates-tindaklanjut. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa ada
perbedaan stres akademik pada dokter PPDS bedah setelah diberi pelatihan
berpikir positif, sedangkan tidak ada perbedaan pada kelompok kontrol yang tidak
diberi pelatihan berpikir positif.
Kata kunci : Pelatihan berpikir positif, stres akademik, dokter PPDS bedah | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pelatihan berpikir positif | en_US |
dc.subject | stres akademik | en_US |
dc.subject | dokter PPDS bedah | en_US |
dc.title | Efektivitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Stres Akademik pada Dokter PPDS Bedah | en_US |
dc.Identifier.NIM | 14915014 | |