dc.contributor.advisor | Rahadian Kurniawan, S.Kom., M.Kom | |
dc.contributor.author | 16523059 Rais Habibi Tsani | |
dc.date.accessioned | 2021-08-09T04:05:20Z | |
dc.date.available | 2021-08-09T04:05:20Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31437 | |
dc.description.abstract | Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) menjadi sangat dibutuhkan
oleh sebuah organisasi atau sebuah perusahaan, apalagi oleh sebuah desa wisata yang sedang
ramai-ramainya dibicarakan atau dikunjungi untuk menjalin hubungan dengan konsumen dan
mendapatkan timbal balik demi meningkatkan pelayanan. Hal tersebut sebenarnya bisa
dilakukan jika ada sebuah sistem informasi yang dapat mengelola data konsumen dari desa
wisata.
Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk membuat sebuah sistem informasi Customer
Relationship Management (CRM) yang dapat memudahkan dalam penyusunan data konsumen,
dan dapat menampilkan rating tingkat kepuasan konsumen dan timbal balik dari konsumen
yang dapat membantu pengurus dalam meningkatkan pelayanan. Subjek dari penelitian ini
adalah Desa Wisata Pentingsari yang berada di Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping. Dalam metode
ini peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan pengurus Desa Wisata Pentingsari
untuk mengetahui kendala dan masalah yang dihadapi, serta mengidentifikasi kebutuhan yang
dibutuhkan pengurus dalam sistem informasi penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem informasi Customer Relationship
Management (CRM) berbasis komputer yang sesuai dengan kebutuhan dari pengguna
berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan, karena telah memuat
fitur yang diinginkan pengguna sehingga dapat membantu dan mempermudah kinerja pengurus
dalam penyusunan data konsumen, dalam mengetahui tingkat kepuasan konsumen, dan
pengambilan keputusan untuk meningkatkan pelayanan.
Kata kunci: Sistem Informasi Customer Relationship Management, Desa Wisata
Pentingsari, Metode prototyping. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Sistem Informasi Customer Relationship Management | en_US |
dc.subject | Desa Wisata Pentingsari | en_US |
dc.subject | Metode prototyping | en_US |
dc.title | Sistem Informasi Customer Relationship Management Desa Wisata Pentingsari | en_US |
dc.Identifier.NIM | 16523059 | |