Show simple item record

dc.contributor.advisorRahadian Kurniawan, S.Kom., M.Kom
dc.contributor.author16523059 Rais Habibi Tsani
dc.date.accessioned2021-08-09T04:05:20Z
dc.date.available2021-08-09T04:05:20Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31437
dc.description.abstractSistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) menjadi sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi atau sebuah perusahaan, apalagi oleh sebuah desa wisata yang sedang ramai-ramainya dibicarakan atau dikunjungi untuk menjalin hubungan dengan konsumen dan mendapatkan timbal balik demi meningkatkan pelayanan. Hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan jika ada sebuah sistem informasi yang dapat mengelola data konsumen dari desa wisata. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk membuat sebuah sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) yang dapat memudahkan dalam penyusunan data konsumen, dan dapat menampilkan rating tingkat kepuasan konsumen dan timbal balik dari konsumen yang dapat membantu pengurus dalam meningkatkan pelayanan. Subjek dari penelitian ini adalah Desa Wisata Pentingsari yang berada di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping. Dalam metode ini peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan pengurus Desa Wisata Pentingsari untuk mengetahui kendala dan masalah yang dihadapi, serta mengidentifikasi kebutuhan yang dibutuhkan pengurus dalam sistem informasi penelitian ini. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis komputer yang sesuai dengan kebutuhan dari pengguna berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan, karena telah memuat fitur yang diinginkan pengguna sehingga dapat membantu dan mempermudah kinerja pengurus dalam penyusunan data konsumen, dalam mengetahui tingkat kepuasan konsumen, dan pengambilan keputusan untuk meningkatkan pelayanan. Kata kunci: Sistem Informasi Customer Relationship Management, Desa Wisata Pentingsari, Metode prototyping.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSistem Informasi Customer Relationship Managementen_US
dc.subjectDesa Wisata Pentingsarien_US
dc.subjectMetode prototypingen_US
dc.titleSistem Informasi Customer Relationship Management Desa Wisata Pentingsarien_US
dc.Identifier.NIM16523059


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record