Show simple item record

dc.contributor.advisorHarwati, S.T., M.T
dc.contributor.author16522240 ANNISA LUTFI NUR AFIFAH
dc.date.accessioned2021-08-09T04:00:03Z
dc.date.available2021-08-09T04:00:03Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31436
dc.description.abstractCrowdfunding berbasis donasi merupakan sebuah model dari crowdfunding yang tidak memberikan keuntungan apapun dan didirikan atas kepentingan sosial. Kita Bisa merupakan salah satu platform crowdfunding berbasis donasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Data menunjukan bahwa setiap tahunnya jumlah orang yang membutuhkan bantuan dengan membuka donasi terus meningkat. Akan tetapi, tidak semua donasi yang dibuka mengalami kesuksesan dan banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan donasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi donasi di Kita Bisa, mengetahui perbandingan donasi sebelum dan sesudah perbaikan, dan mengetahui kinerja algoritma yang digunakan dalam memprediksi. Metode yang digunakan adalah klasfikasi dengan algoritma C4.5 dan K-Nearest Neighbor (KNN). Pengolahan data dilakukan dengan percobaan sebanyak 4 kali dengan perbandingan training set dan testing set yang berbeda, dan pada KNN dilakukan percobaan sebanyak 10 kali untuk menentukan nilai k yang terbaik. Hasil pengolahan data menunjukkan hasil akurasi dari algoritma KNN adalah 87,5% dan akurasi C4.5 adalah 75%. Kedua akurasi tersebut diperoleh dengan perbandingan data training dan testing sebanyak 90%:10% dan menggunakan nilai k = 5 untuk KNN. Setelah diperoleh akurasi, dilakukan perbaikan donasi, yang kemudian dibandingkan dengan donasi sebelum perbaikan. Hasil paired sample t-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara donasi sebelum dan sesudah perbaikan dengan donasi sesudah perbaikan yang lebih baik. Donasi perbaikan tersebut, diuji kembali menggunakan algoritma terbaik (KNN) dan dinyatakan berhasil. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perbaikan donasi mampu memperbaiki donasi yang tidak berhasil. Berdasarkan hasil analisis data dan pendapat responden, juga dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesuksesan donasi cukup banyak, dengan promosi dan deskripsi rinci menjadi faktor terpenting. Keyword: Crowdfunding berbasis donasi, KitaBisa, K-Nearest Neighbor, C4.5en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCrowdfunding berbasis donasien_US
dc.subjectKitaBisaen_US
dc.subjectK-Nearest Neighboren_US
dc.subjectC4.5en_US
dc.titleAnalisis Prediksi dan Faktor Pendukung Kesuksesan Crowdfunding Berbasis Donasi Menggunakan Algoritma C4.5 dan K-Nearest Neighbor (Studi Kasus: Kitabisa.com)en_US
dc.Identifier.NIM16522240


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record