dc.contributor.advisor | M. Galieh Gunagama, S.T, M.Sc | |
dc.contributor.author | 16512146 Melisa Akma Sari | |
dc.date.accessioned | 2021-08-06T01:23:00Z | |
dc.date.available | 2021-08-06T01:23:00Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31391 | |
dc.description.abstract | Pindahnya ibu kota baru karena masalah
lingkungan dan keadaan yang sudah tidak
kondusif dan pola kehidupan yang tidak
sehat. Karena isu ini pemerintah memulai
banyak perancangan ibu kota yang baru.
dalam prosese pemenidahannya akan banyak
penduduk yang akan pindah ke ibukota
negara baru. Agar tidak mengulang pola
kesalah yang sama pembangunan memperhatikan
aspek alam dan keterhubungan
manusia dan alam. Sekolah dasar negeri
sebagai fasilitas edukasi menjadi sara
yang penting untuk merubah pola ini,
dimana kepedulian dan kebiasaan akan
hidup diantara alam dapat diciptaakan dari
awal perkembangan. Perancangan berbasis
pola dipilih untuk mempelajari kesalahan
berulang yang menghasilkan hal yang
sama. Dalam perancangan sekolah dasar
negeri peracangan berbasi pola menganalisa
pendekatan cara pembelajaran anak
dan pola biophilic. Kedua pendekatan
pola ini dipilih untuk merespon konteks
kawasan dan pengguna yaitu peserta
didik. Metode dan pendekatan ini digunakan
untuk merancang fasisilitas yang
dapat merubah kebiasaan belajar menjadi
lebih baik dan lingkungan yang terjaga.
lingkungan yang terjaga ini dimulai dengan
merancangan bangunan yang membuat
manusia dekat akan lingkungan dan belajar
mengenai sistem alami.
Kata Kunci : Ibu Kota Baru, Pola, biofilik,
pembelajaran anak, Sekolah Dasar Negeri | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | bu Kota Baru | en_US |
dc.subject | Pola, biofilik | en_US |
dc.subject | pembelajaran anak | en_US |
dc.subject | Sekolah Dasar Negeri | en_US |
dc.title | Perancangan Sekolah Dasar Negeri Berbasis Pola dengan Pendekatan Biofilik di Kutai Kartanegara | en_US |
dc.Identifier.NIM | 16512146 | |