Parental Acceptance Dan Parenting Stres Pada Orang Tua Anak Intellectual Disability
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara penerimaan
orang tua (parental acceptance) dan stres pengasuhan (parenting stress) pada orang tua
yang memiliki anak intellectual disability. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian
ini adalah diprediksi akan adanya hubungan negatif antara penerimaan orang tua dan
stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak intellectual disability. Partisipan
pada penelitian ini melibatkan 44 orang tua yang memiliki anak dengan intellectual
disablitiy dengan rentang usia 6-12 tahun. Penelitian ini menggunakan dua skala
psikologi sebagai alat ukur. Skala pertama adalah Parental Acceptance-Rejection
Questionnaire/Control (PARQ/C) dan skala kedua adalah skala The Parental Stress
Scale. Hasil pada penelitian ini menunjukkan tidak ada korelasi yang signifikan antara
variabel parental acceptance dan variabel parenting stress, dengan uji korelasi
menggunakan Spearman’s rho menunjukkan nilai r = 0.078 dengan nilai p = 0.307 (p
> 0.05).
Collections
- Psychology [2173]