Strategi Komunikasi Pemasaran Benteng Marlborough Oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan
Abstract
Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu merupakan pengelola kepariwisataan yang ada di
Provinsi Bengkulu. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata religi,
wisata minat khusus maupun wisata sejarah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran
dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan minat wisatawan Benteng
Marlborough. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara yang
digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan pedoman
wawancara.
Hasil dari penelitian ini yaitu Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dalam melaksanakan
strategi komunikasi pemasaran guna meningkatkan minat wisatawan Benteng
Marlborough, dengan iklan, hubungan masyarakat, acara-acara pariwisata (events),
pemasaran langsung, dan penjualan perorangan. Iklan yang dilakukan melalui media
online, media sosial, media elektronik, dan media cetak. Hubungan masyarakat dilakukan
dengan publikasi di seluruh media massa. Pemasaran langsung dilakukan dengan
mengikuti pameran dan penjualan tiket masuk.
Collections
- Communication [942]