Pendekatan Komprehensif Berbasis MCDM untuk Evaluasi Kinerja Pemasok
Abstract
Pemasok mempunyai peranan penting dalam rantai pasok karena menjamin
ketersediaan barang atau jasa yang berkualitas dan harga kompetitif yang
dibutuhkan perusahaan. Untuk itu, evaluasi kinerja pemasok dengan pendekatan
komprehensif penting dilakukan sebagai analisa menyeluruh yang
mempertimbangkan banyak kriteria terkait yang dapat merepresentasikan
karakteristik pemasok sehingga membutuhkan pendekatan multi-kriteria
menggunakan metode MCDM. Pendekatan komprehensif terhadap evaluasi kinerja
pemasok penting dilakukan untuk menjalin hubungan baik dengan pemasok,
penurunan biaya pengadaan, peningkatan kualitas produk dan mempersingkat
waktu pengiriman (lead time). Penelitian ini mengembangkan metode MCDM
dengan pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique For Order
Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk memetakan posisi
setiap material/komponen kedalam kuadran Kraljic's matrix yang
diimplementasikan ke salah satu Industri manufaktur kereta api. Setelah
material/komponen terbentuk dalam kuadran Kraljic’s matrix, strategi pengadaan
ditentukan sesuai dengan karakteristik material/komponen. Selanjutnya, tingkat
efisiensi pemasok ditentukan menggunakan pendekatan Data Envelopment
Analysis (DEA). Hasil yang didapatkan terlihat empat dari sebelas pemasok dalam
kondisi optimal.
Kata Kunci: Supply Chain Management (SCM), Multi Criteria Decision Making
(MCDM), supplier performance evaluation, Analytical Hierarchy Process (AHP),
Technique For Order Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS),
Kraljic’s Matrix, Data Envelopment Analysis (DEA)