dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi kecepatan dalam penyambungan material dissimilar dari pengelasan rotary friction welding terhadap sifat fisik dan mekanik material. Penelitian ini menggunakan aluminium dan baja dengan metode rotary friction welding. Hasil pengujian komposisi untuk aluminium yang digunakan adalah jenis T-6061 dan baja adalah jenis AISI 1012. Untuk pengamatan makro terlihat bahwa sambungan baja-aluminium dapat tersambung dengan baik. Dan di pengamatan mikro dapat dilihat perbedaan variasi kecepatan mempengaruhi terbentuknya zona heat affected zone pada sambungan. Variasi 1800 rpm memiliki zona heat affected zone yang lebar dibanding variasi lainnya. Untuk hasil uji tarik didapatkan variasi kecepatan 1170 rpm memiliki kekuatan tarik tertinggi sebesar 93,27 MPa dan nilai regangan 6,73%. Akan tetapi pada variasi 1800 rpm memiliki nilai regangan tertinggi yaitu sebesar 8,4% dengan kekuatan tarik sebesar 79,37 MPa. Untuk hasil uji bending didapatkan nilai kekuatan tertinggi pada variasi kecepatan 1170 rpm yaitu sebesar 23,91 MPa. Untuk pengujian kekerasan setiap spesimen uji mengalami peningkatan kekerasan pada bagian sambungan, dan didapatkan nilai kekerasan tertinggi terdapat pada variasi 1800 rpm yaitu sebesar 231,75 HVN pada bagian sambungan. Untuk pengujian dye penetrant didapatkan bahwa material mengalami cacat, tetapi jika dilihat dari pengamatan mikro dan makro material sambungan tersambung dengan baik. Untuk pengujian korosi, material sambungan memiliki ketahanan korosi yang bagus.
kata kunci : rotary friction welding, dissimilar, kecepatan | en_US |