Analisis Hubungan Aktivitas Belajar Kimia dan Keterampilan Laboratorium pada Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Berbantuan Mind Map Materi Titrasi Asam dan Basa di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Mlati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) aktivitas belajar kimia 2) keterampilan laboratorium 3) hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar kimia dan keterampilan labratorium peserta didik pada penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) berbantuan mind map materi titrasi asam dan basa di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Mlati tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah dua kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak satu kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode non tes yaitu observasi dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar kimia dan keterampilan laboratorium. Teknik analisis data dilakukan dengan penentuan kriteria aktivitas belajar kimia dan keterampilan laboratorium serta analisis korelasi menggunakan statistika parametrik uji korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) aktivitas belajar kimia peserta didik dengan penerapan model pembelajaran POE berbantuan mind map mendapatkan kriteria baik 2) keterampilan laboratorium peserta didik dengan penerapan model pembelajaran POE berbantuan mind map mendapatkan kriteria cukup 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar kimia dan keterampilan laboratorium peserta didik pada penerapan model pembelajaran POE berbantuan mind map materi titrasi asam dan basa.
Kata Kunci : Predict Observe Explain (POE), Aktivitas Belajar Kimia,
Keterampilan Laboratorium, Mind Map
Collections
- Islamic Education [862]